Kamis, 2 Oktober 2014 | Redaksi | Tentang Kami | Hubungi Kami | Info iklan
Kata Kabar
Home / Riau / Pekanbaru
Disnaker Pekanbaru 'Lemah' Tangani Tenaga Kerja Asing di Tempat Hiburan Malam
Penulis : yanti
Editor : rian
Katakabar.com | Minggu, 16 Juni 2013 16:34 WIB
Dibaca: 283
Pekanbaru (katakabar) Inilah contoh hebat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru. Meski sudah tahu sejumlah tempat hiburan malam di Pekanbaru banyak yang menggunakan tenaga kerja asing, pihaknya malah belum melakukan penertiban.

Hal itu bukan tanpa bukti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pekanbaru Pria Budi juga mengatakan demikian. Pihaknya merasa kecolongan saat melakukan penertiban di sejumlah tempat hiburan malam karena tak menemukan sejumlah pekerja asing itu.

"Memang mereka mempekerjakan tenaga asing di tempat hiburannya. Tapi kita kecolongan, waktu melakukan penertiban, mereka tak ditemukan satu orang pun. Kita menduga operasi itu sudah bocor," kata Budi pada katakabar.com belum lama ini.

Dijelaskan Budi, secara mekanisme, setiap perusahaan yang memperkerjakan tenaga asing wajib melaporkan ke Disnaker.

"Sampai sekarang tak ada pihak pengusaha karaoke atau tempat hiburan malam lainnya yang melapor ke kita kalau mereka memperkerjakan tenaga asing," kata Budi.

Budi menampik kalau pihaknya tak respek terhadap kelakuan nakal para pengusaha itu. Menurutnya, pihaknya selalu berupaya untuk menertibkan siapa-siapa yang tak mentaati aturan.

"Belum lama ini kita juga mendapati sedikitnya 30 tenaga asing yang dipekerjakan oleh kontraktor pembangunan PLN di Tenayan Raya. Mereka tak punya data dan tak melapor, ya kita paksa mereka untuk mendeportasi tenaga asing itu ke negaranya," sebut Budi.

Lebih jauh diKatakan Budi, Sebelum melakukan razia tenaga kerja asing ditempat hiburan malam, pihaknya telah kerjasama dengan tim seperti pihak Imigrasi dan Kepolisian serta Satpol PP.


Komentar