Selasa, 2 September 2014 | Redaksi | Tentang Kami | Hubungi Kami | Info iklan
Kata Kabar
Home / Riau / Pekanbaru
Wow, Pasca Lebaran Pencaker Serbu Kantor Disnaker Pekanbaru
Penulis : yanti
Editor : yasier
Katakabar.com | Selasa, 13 Agustus 2013 18:57 WIB
Dibaca: 291
Pekanbaru (katakabar) - Tingkat pengurusan kartu Pencari Kerja (Pencaker) atau kartu AK 1 (Antar Kerja) mengalami peningkatan yang seknifikan di Kantor Dinas tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Selasa (13/8).

"Peningkatan pengurusan kartu kuning ini disebabkan adanya rencana Pemerintah Pusat melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang direncanakan September mendatang," ujar Kepala Disnaker (Kadisnaker) Kota Pekanbaru didampingi  Kepala Seksi Informasi pasar kerja dan Bursa Kerja, Abdul Rahim.

Lebih jauh dikatakan Abdul, tingkat pengurusan kartu pencaker hari biasa hanya sebanyak 10-25 pencari kerja yang datang kesini. "Namun, karena ada penerimaan PNS meningkat sebagai salah satu syarat. Jumlah pencari kerja 50 sampai 75 orang per hari," katanya.

Dikatakan Abdul, pembuatan pengurusan kartu pencaker pada hari biasanya hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama selesainya. "Untuk membuat satu kartu kuning membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit. Namun, mengingat peningkatan pengurusan kartu pencaker yang sangat siknifikan, kita minta para pencaker antri agar lebih tertib," jelasnya.

Untuk mempercepat proses pengurusan, pihak Disnaker juga menyediakan komputer agar pencari kerja dapat mendaftarkan dirinya sendiri. Pasalnya pendaftaran kartu pencari kerja sudah dilakukan secara On-line.

"Selain itu pencari kerja juga dapat mendaftarkan dirinya dengan memanfaatkan internet melalui Website http://infokerja. depnakertrans.go.id. Kemudian, jika sudah selesai mendaftar pencari kerja dapat mengambil kartunya di Kantor Disnaker dengan memenuhi persyaratannya," paparnya.

Lebih jauh jauh dikatakan Abdul, tingkat pengurusan kartu pencari kerja tertinggi terjadi pada saat bulan ramadan lalu."Karena informasi CPNS keluar pada jelang Ramadan," tutup.


Komentar