Lahan Tidur Jadi Surga Para Petani

Chyntia
Lahan Tidur Jadi Surga Para Petani

Dinas Pertanian Kota Pekanbaru bersama Kelompok Petani Harapan Jaya. Foto/Cynthya

Pekanabaru (katakabar) - Memanfaatkan lahan tidur yang ada di kelurahan Sidomulyo Barat tepatnya di RT 04 RW 09 Kecamatan Tampan, belasan petani yang tergabung dalam kelompok Tani Harapan Jaya kini mulai menikmati hasil panen jagung. Sekali panen, hasilnya mencapai 10 ton dalam setiap hektarnya.

Di hamparan tanah seluas dua hektaran itu, tak hanya jagung yang ditanami oleh para petani. Ada juga pepaya dan ubi kayu.

"Ini dulunya hutan nih, bisa dilihat ke arah sana masih hutan semua," kata Ketua Kelompok Tani Harapan Raya, Mulyono. Jagung - jagung di sana merupakan hasil kerja sama antara kelompok tani dengan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru. 

Jagung yang ditanam pun, jagung jenis hibrida. Yaitu jagung yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara pemuliaan dan penyilangan antara dua induk sehingga menghasilkan jagung unggul.

"Ini nanti langsung kita pasarkan ke pemakai, ke kandang ayam, ke pedagang marning. Untuk pangan manusa dan hewanlah," katanya.

Meski tengah berbahagia, Mulyono mengungkapkan ketakutannya. Pasalnya, tanah yang ia dan petani lainnya gunakan saat ini merupakan lahan yang sewaktu - waktu bisa diambil pemiliknya.

"Lahannya kan numpang ya, takut kalau sewaktu - waktu pemiliknya mau gunakan buat bangun sesuatu. Sempat kepikiran beli sendiri, tapi harga tanah kan gak murah" ceritanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Musa yang turut hadir menyaksikan hasil panen jagung hari ini mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

"Untuk tahun ini ada 300 hektar yang diberi bantuan pada para petani. Program ini merupakan program berkesinambungan yang di jalankan pemerintah pusat," kata Musa.

Ya, para petani yang tergabung dalam kelompok tani ini memang mendapat bantuan bibit jagung dari pemerintah. Kali ini, pemerintah memberi bibit jagung hibrida bisi 18. Hasilnya pun, cukup memuaskan.

Menurutnya, keberhasilan pemerintah di berbagai sektor saat ini tidak terlepas dari kolaborasi dan kerjasama positif antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait