Inilah Oleh-Oleh Alfedri Dari Bantul

Inilah Oleh-Oleh Alfedri Dari Bantul

Wakil Bupati Siak, Alfedri saat masuk ke lokasi acara rebuk desa di Bantul Yogyakarta, dua hari lalu. foto. hms setdakab siak

Yogyakarta (katakabar) - Bisa jadi setelah pulang dari rembuk kampung tingkat nasional di Kampung Mataraman Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul Yogyakarta dua hari lalu, Wakil Bupati Alfedri sudah menyusun strategi baru soal pengembangan kampung di Kabupaten Siak. 

Hasil dia datang ke sana bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak Yurnalis dan Kasi Kelembagaan Masyarakat Kampung dan Adat Oni Weldi, tentu sudah juga dia laporkan kepada komandannya Bupati Siak Syamsuar. 

Sebab di rembuk itu, ada perubahan baru yang harus dilakukan di kampung atau desa, setelah tiga tahun Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dijalankan. 

Kalau tadinya dana desa hanya dipakai untuk membangun ifrastruktur dan kepentingan sosial di desa, ke depan bukan itu lagi yang menjadi fokus. 

"Tapi sudah lebih diarahkan ke sektor perekonomian biar pertumbuhan ekonomi masyarakat kampung meningkat. Itulah makanya juga Bumdes tidak boleh lagi hanya sekadar tempat simpan pinjam duit, tapi sudah harus mengembangkan usaha desa dan produk unggulan," kata Alfedri. 

Bumdes tiap desa harus bisa saling bekerjasama, khususnya soal pengembangan produk unggulan tadi. "Dan harus ada satu Bumdes yang khusus memasarkan produk unggulan itu," rinci Ketua DPD PAN Kabupaten Siak ini.

Kalau Bumdes sudah saling bekerjasama, Alfedri yakin peluang pekerjaan bagi masyarakat di desa akan semakin besar. "Kalau sudah begini, geliat ekonomi masyarakat pun makin kencang," ujarnya.

Di acara yang dibuka langsung oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI Eko Putro Sanjoyo dua hari lalu itu, Alfedri bergabung bersama para peserta yang berasal dari berbagai kalangan, seperti Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Perwakilan Kepala Desa, Pengurus BUM Desa dan Lembaga Kemasyarakatan. 
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait