Cara Pemkab Rohil Menyehatkan Warga

R Hartono, Candra
Cara Pemkab Rohil Menyehatkan Warga

Bupati Rohil memberikan bantuan kepada pasien. foto. hms setdakab rohil

Rokan Hilir (katakabar) - Walau anggaran cekak, Pemkab Rohil tak pernah mau surut soal urusan pelayanan publik. Salah satunya adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Dari 19 Puskesmas yang ada, 9 diantaranya sudah menjadi Puskesmas Rawat Inap. Uniknya, di setiap Puskesmas Rawat Inap ini, ada disediakan kamar VIP. Tujuannya supaya pasien berasa nyaman. 

Adapun Puskesmas Rawat Inap tadi berada di Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Bangko Jaya, Sedinginan, Pujud, Kubu Babussalam, Bagansinembah, Baganbatu dan Pasir Limau Kapas.

"Kita akan terus berupaya supaya semua Puskesmas yang ada menjadi Puskesmas Rawat Inap," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Junaidi. Sebab kata dia, ada sederet yang membedakan antara Puskesmas dan Puskesmas Rawat Inap. 

Di Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat disebutkan bahwa Puskesmas Rawat Inap harus punya Ruang Gawat Darurat dengan Alkes Set Gawat Darurat.

Punya ruang Kesehatan Ibu dan Imunisasi dengan Alkes Set Pemeriksaan Anak dan Set Imunisasi, punya ruang Kesehatan Ibu dan KB, dengan Alkes Set Pemeriksaan Ibu dan Set Pelayanan KB. 

"Pukesmas Rawat Inap harus punya ruang tindakan dengan alkes set tindakan medis. Sementara kalau di puskesmas biasa yang semacam itu tidak ada," katanya. 

Yang pasti kata Junaidi, yang namanya Puskesmas Rawat Inap musti punya ruangan rawat pnap dengan Alkes Set rawat inap. Sedangkan di puskesmas biasa itu enggak ada," ujarnya. 

Meski begitu, ada sejumlah persamaan yang dimiliki Puskesmas Rawat Inap dan Puskesmas biasa. Sama-sama punya ruang kesehatan gigi dan mulut, punya ruangan ASI, punya ruangan promkes, ada ruangan farmasi, ruangan persalinan, ruangan pasca persalinan bayi, ruangan laboratorium dan ruangan sterilisasi.

Khusus di Bagansiapiapi, ada 2 Puskesmas tapi tidak rawat inap. Ini lantaran di Bagansipiapi ada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr RM Pratomo di kawasan jalan Pahlawan.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait