Upaya Reformasi Birokrasi di Rohil

Saatnya Berubah

R Hartono, Candra
Saatnya Berubah

Bupati Rokan Hilir, Suyatno saat melantik aparaturnya. foto. ist

Rokan Hilir (katakabar) - Revolusi Mental.  Kedengarannya aneh, simpel dan penuh tanda tanya. Tapi bahasa inilah yang kemudian menjadi tranding topik setelah Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia. 

Bahwa dia menginginkan mental aparatur menjadi jauh lebih baik; profesional, mengayomi dan melayani. Dan ini pula sebenarnya misi yang terkandung dalam semangat otonomi daerah itu.   

Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno, langsung cepat tanggap soal Revolusi Mental yang disodorkan Jokowi tadi. 
 
Dia kemudian menyusun rencana untuk menerapkan semangat tadi di wilayahnya. Dia ingin Good Governance (GG) ada di Rohil. GG yang menjadikan masyarakat sebagai salah satu aktor dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk  mendorong hubungan yang sinergis antara pemerintah (state), swasta (private sector) dan masyarakat (civil society) dalam memberikan pelayanan prima.

Diharapkan dengan reformasi birokrasi, akan terjadi perubahan paradigma dalam pemerintahan. Dari birokrasi yang lamban, feodal dan korup menjadi birokrasi yang efektif, modern dan mengedepankan pelayanan publik.

Revolusi Mental menurut Suyatno adalah modal dasar tercapainya Reformasi birokrasi --- reformasi yang mampu merubah struktur, organisasi, manajemen, kebijakan, pola pikir dan budaya kerja SDM aparatur pemerintah. 

"Reformasi Birokrasi akan bisa menghemat anggaran, memperbaiki kualitas pelayanan publik dan mendorong mekanisme kerja pemerintah yang lebih efesien dan efektif," katanya.

Maunya Suyatno seluruh OPD hingga RT perlahan segera merubah cara berfikir, bahwa masyarakat adalah sosok yang musti dilayani. Artinya, aparatur musti bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat tanpa harus memanjakan masyarakat itu sendiri. 

Biar cara berpikir semacam ini ada, tentu, Suyatno butuh mereka menjalani pelatihan-pelatihan kepemimpinan.

Khusus kepada kepala desa hingga RT, Suyatno berharap supaya mereka benar-benar mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat. Sebab mereka adalah organisasi terkedat yang ada di lungkungan masyarakat. 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait