Resep Alami Ini Redakan Bengkak Gusi

Resep Alami Ini Redakan Bengkak Gusi

Ilustrasi

KATAKABAR - Nyeri dan menyakitkan, dua kata yang dirasa pas untuk menggambarkan betapa mengganggunya radang gusi pada manusia. Meski nampak sepele dan sering terabaikan, faktanya gusi memegang peranan vital pada kesehatan mulut kamu, lho.

Gusi merupakan jaringan lunak (mukosa) yang berfungsi menutupi seluruh permukaan rahang. Secara umum, gusi berfungsi sebagai penopang gigi agar tetap kokoh berdiri pada akarnya.

Mengigat fungsinya yang vital, sudahkah kamu memperhatikan kesehatan gusi kamu?

Idealnya, gusi yang sehat akan berwarna merah muda. Tak bengkak dan tak sakit ketika disentuh. Saat dibersihkan dengan menggosok gigi pun, gusi tak mengeluarkan darah sedikitpun. 

Namun dipicu oleh kurangnya kebersihan mulut dan aneka faktor lainnya, kamu bisa terkena radang gusi. Dalam kasus ini, gusi akan bengkak dan terasa nyeri berkepanjangan. 

Jika gusi bengkak terasa amat mengganggu, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan seputar kondisi kesehatan kamu. 

Dokter akan meresepkan sejumlah obat untuk meredakan rasa nyeri dan inflamasi. Seperti obat mengandung asam mafenamat, dexamethasone, clindamycin, hingga ibuprofen.

Di samping penanganan medis yang diberikan dokter, tahukah kamu bahwa ada segudang cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gusi bengkak? 

1. Air Garam

Untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak pada gusi, kamu bisa berkumur dengan air garam hangat. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh garam dengan air hangat.

Berkumurlah tiga kali sehari dalam kondisi air masih terasa hangat. Perlahan tapi pasti, rasa nyeri dan bengkak pada gusi akan menghilang. 

2. Jeruk Nipis

Buah mungil yang terasa asam ini terkenal memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah meredakan radang gusi.

Kamu bisa menjadikan jeruk nipis sebagai obat kumur, persis layaknya garam. Peras satu buah jeruk nipis dan campur dengan air hangat. Lakukan rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Madu

Untuk mengempeskan gusi yang bengkak, kamu bisa mengoleskan madu pada area radang. Lakukan tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebelum melakukannya, pastikan madu yang kamu gunakan merupakan madu asli, ya. 

4. Lemon

Jeruk yang kaya vitamin C ini juga ampuh meredakan gusi bermasalah, lho. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memotong lemon jadi seperempat bagian. Setelahnya, peras air lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Aduk rata, lalu gunakan untuk berkumur. 

Setidaknya, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Bengkak dan rasa nyeri pun akan berkurang. 

5. Baking Soda

Sejak lama, baking soda dikenal memiliki banyak manfaat. Baking soda mampu menghilangkan panu pada wajah dan memutihkan gigi. Selain itu, baking soda juga ampuh meredakan gusi bengkak, lho!

Cara penggunaannya juga mirip dengan air garam dan lemon. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan air hangat, lalu berkumurlah dua hingga tiga kali sehari. Radang gusi pun akan mereda.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait