Manfaat Cangkang Telur

Manfaat Cangkang Telur

Cangkang Telur

Katakabar - Siapa sangka kulit telur yang dianggap sampah dan tidak berguna, ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sering digunakan sebagai hiasan dan pembersih panci, kulit telur juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat kulit teluruntuk kecantikan dan kesehatan.

1. Memutihkan Gigi
Kulit telur bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk memutihkan gigi. Caranya, dengan menghancurkan kulit telur lalu campurkan dengan sedikit air, kemudian aduk hingga menjadi krim kulit telur, lalu oleskan di seluruh permukaan gigi. Diamkan selama lima menit lalu basuh dengan air hangat. Kandungan kalsium karbonat serta protein dalam kulit telur akan meresap ke dalam gigi dan bermanfaat untuk menguatkan serta mencerahkan gigi.

2. Mencerahkan Wajah
Untuk perawatan wajah, kulit telur yang sudah menjadi krim ditambahkan madu dan krim susu. Caranya, oleskan krim di seluruh permukaan kulit wajah, tunggu hingga kering dan basuh dengan air hangat. Kandungan protein dan vitamin dalam kulit telur akan membantu mencerahkan wajah serta mengecilkan pori-pori kulit wajah. Manfaat lainnya adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini serta mengobati kulit kering pada wajah.

3. Mengobati Iritasi Kulit dan Mengeringkan Luka
Selain untuk kecantikan, kulit telur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengobati iritasi kulit dan mengeringkan luka. Caranya cukup mudah, untuk mengobati iritasi kulit, cukup dengan merendam kulit telur ke dalam cuka. Rendam selama dua atau tiga hari, lalu oleskan rendaman cuka yang sudah mengental pada bagian yang mengalami iritasi.

Untuk mengeringkan luka, kita cukup dengan menumbuk kulit telur yang sudah kering hingga halus. Taburkan ke dalam luka lalu biarkan hingga kering dan mengelupas dengan sendirinya. Kandungan mineral dalam kulit telur akan membuat kulit cepat mengering dan memunculkan jaringan kulit baru.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait