Alasan Kenapa Anda Perlu Makan Durian

Alasan Kenapa Anda Perlu Makan Durian

Buah Durian

Katakabar - Durian adalah buah yang identik dengan kulitnya yang keras dan tajam, serta aromanya yang menyengat. Karena aroma yang khas ini, beberapa orang enggan untuk mengonsumsinya, namun tak sedikit orang yang mencintai rasa dari buah satu ini. Padahal, durian juga dapat memberi Anda berbagai manfaat kesehatan lewat kandungan vitamin dan mineralnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari buah durian :

1. Mengurangi tekanan darah

Durian adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan potasium. Mengonsumsi sumber makanan yang memiliki kadar potasium tinggi dapat memperlancar pembuluh darah, mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular, mengurangi risiko aterosklerosis (penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri), strok, dan serangan jantung.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa potasium dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit alzheimer dan demensia.

2. Mengatasi insomnia

Durian mengandung triptofan, yaitu asam amino yang memberikan perasaan relaksasi, bahagia, sekaligus rasa kantuk. Oleh sebab itu, jika Anda menderita insomnia dan ingin meningkatkan kualitas tidur, makan beberapa potong durian sebelum tidur bisa menjadi pilihan.

3. Mengandung lemak yang tinggi
Buah durian mengandung lemak yang tinggi yang berkontribusi terhadap kalori yang juga tinggi. Namun jangan khawatir, karena meskipun tinggi lemak, buah durian tidak mengandung kolesterol. Kandungan lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

4. Mengandung banyak serat

Banyaknya kandungan serat pada buah durian membuatnya baik untuk proses pencernaan. Satu buah durian yang kecil (sekitar 0,6 kg) mengandung cukup serat untuk memenuhi 90% kebutuhan serat orang dewasa dalam sehari. Serat merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari perut kembung, mulas, kram, dan gangguan pencernaan lain.

Selain itu, serat juga membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan mengeluarkan kolesterol LDL dari tubuh. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan pada sistem kardiovaskular dalam bentuk plak.

5. Tinggi kalori

Satu biji durian memiliki kandungan 54 kalori, sehingga 1 kg durian dapat mencapai 1.350 kalori. Bagi orang dewasa yang membutuhkan 1500-2000 kalori per hari maka mengonsumsi 1 kg durian sebenarnya sudah memenuhi 60-90% kebutuhan kalori harian.

Siapa sangka buah durian mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun karena kandungan kalorinya yang tinggi, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi juga perlu diwaspadai, karena meskipun durian merupakan sumber energi yang baik, namun dapat membahayakan penderita diabetes melitus. Jadi, makanlah durian secukupnya dan jangan berlebihan ya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait