Inilah 4 Fakta Tak Terduga Lagu Minang Tak Tun Tuang

Inilah 4 Fakta Tak Terduga Lagu Minang Tak Tun Tuang

Katakabar.com - Indonesia memang unik dan menyimpan banyak hal tak terduga. Di kala masyarakat negeri sendiri tengah mendengarkan lagu-lagu mancanegara dan nasional yang sedang tren, ternyata lagu "Tak Tun Tuang" asal Minang tengah viral di luar negeri.

"Tak Tun Tuang" sendiri dinyanyikan oleh Upiak Isil, wanita Minang asal Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dalam videonya, ia terlihat bergaya hiperaktif dengan busana daster sambil dililit oleh kain batik.

Penyanyi bernama Nanda Silvia ini pun sempat menjadi sorotan sejumlah media sampai-sampai ia diundang ke sejumlah acara televisi. Hebatnya, bukan media lokal yang banyak meliputnya, melainkan media negeri tetangga seperti Malaysia misalnya.

Di Thailand sendiri, lagu "Tak Tun Tuang" sangat digandrungi sampai-sampai banyak yang menyanyikannya di atas panggung atau merekam sebuah video cover lagu tersebut di dunia maya.

Dari kesuksesan "Tak Tun Tuang" di negeri tetangga, tersimpan beragam fakta yang rasanya menarik untuk diketahui. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya.

1. Makna Lagu

Lagu "Tak Tun Tuang" diketahui sudah ada sejak 2016 lalu. Upiak Isil tak hanya bernyanyi, melainkan juga berkiprah sebagai penggiat lagu dan budaya Minang. Uniknya, tak ada makna khusus di dalam lagu "Tak Tun Tuang" yang ia nyanyikan, melainkan sebuah celetukan belaka.

Kata "Tak Tun Tuang" sendiri memang telah lama dikenal oleh orang Minang. Diketahui, kata tersebut kerap ditemui saat dinyanyikan di jalanan. Upiak Isil pun membuat konsep barunya dari kata tersebut dengan makna yang kocak.

2. Digandrungi di Malaysia

Sebuah video parodi dari salah satu artis Malaysia, memicu wabah lagu "Tak Tun Tuang" di Negeri Jiran itu. Sehingga, cover lagunya banyak tersebar di dunia maya. Berkat itulah Upiak Isil diundang ke sebuah ajang pencarian bakat di stasiun televisi Malaysia

Berkat itu juga nama Upiak Isil kini menjadi sangat terkenal di negeri jiran. Bahkan, videoklip Tak Tun Tuang yang ia unggah di Youtube pun sering diputar di acara musik Malaysia.

3. Banyak Di-cover di Thailand

Di Thailand, banyak warganet yang menyanyikan ulang lagu "Tak Tun Tuang" sambil direkam dan diunggah ke dunia maya. Uniknya, banyak yang tidak mengubah lirik lagu berbahasa Minang. Beberapa warganet Gajah Putih itu pun agak kagok saat menyanyikannya.

Terdapat juga beberapa warganet Thailand yang menerjemahkan menjadi bahasa Tanah Air mereka. Kepopuleran "Tak Tun Tuang" ini membuat Upiak Isil diundang juga sebagai bintang tamu acara televisi Thailand.

4. Tak Heboh di Negeri Sendiri

Entah karena terlalu banyak topik yang ada di dalam kepala atau tak tertarik, faktanya "Tak Tun Tuang" tidak sefenomenal "Om Telolet Om" di Tanah Air sendiri. Bahkan, gaung lagu ini bisa dibilang jarang muncul di media sosial.

Meskipun begitu, setidaknya ada vloger luar Asia asal Norwegia bernama Kvitland yang memperhatikan lagu ini dengan meng-cover-nya. Alhasil, lagu "Tak Tun Tuang" diharapkan bisa menjadi aset tersendiri bagi Indonesia.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait