Upaya Peningkatan PAD, Pemkab Rohil Bangun Wisatawan Pulau Jemur

R Hartono, Candra
Upaya Peningkatan PAD, Pemkab Rohil Bangun Wisatawan Pulau Jemur

Bupati Rohil, Suyatno didampingi anggota DPRD Rohil Rashid Abizar beserta rombongan mengunjungi Pulau Jemur. foto. hms setdakab rohil

Rokan Hilir (katakabar) – Keindahan alam bawah laut merupakan potensi wisata daerah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung atau melihat panorama keindahan laut dangkal. 

Untuk menumbuhkan daya tarik itu, tentunya membutuhkan suport promosi daerah dan biaya yang tidak sedikit.

Pemerintah daerah Kabupaten Rohil melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mengambil langkah dan kebijakan dalam mempromosikan salah satu keindahan terumbu karang di laut dangkal Pulau Jemur tersebut.

Dengan mengandeng para penggiat wisata, Kamis (20/4/2017) lalu, dua orang penyelam handal diberangkatkan menuju lokasi wisata pulau jemur untuk mengambil dokumentasi foto sekaligus video tentang keindahan dan potensi yang ada di pulau jemur. 
Dokumentasi yang diambil di pulau terluar indonesia itu nantinya akan ditampilkan lewat acara "Riau Travel Mart" di Pekanbaru.

Kadisparpora Rohil, H. Ali Asfar, S Sos, M.Si di Bagansiapiapi, mengatakan pengambilan dokumentasi berupa foto dan video sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan iven promosi daerah tersebut.

"Hari kamis, 20 April lalu kita membawa dua orang penyelam untuk mengambil foto-foto didasar laut dan melalui udara. Untuk didasar laut itu terdapat terumbu karang yang sangat indah dan masih sangat alami. Sementara melalui udara kebanyakan kita mengambil dokumentasi diseputaran gugusan pulau arwah," ujarnya.

Ali menyebutkan keberangkatan tim pengiat wisata Pulau Jemur dari Pekanbaru diantaranya, Amriyadi, Sodiq Bayu dan Ari, serta dari Pihak Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil yang ikut itu Delsi, Agung dan Dona yang didampingi langsung Sekdakab Rohil Surya Arfan. 

Bukan hanya dokumentasi, Ali menyebutkan, pihaknya berencana membuat video keindahan Pulau Jemur yang nantinya akan diputar dalam acara Riau Travel Mart pada awal bulan Mei 2017 di Pekanbaru, Propinsi Riau.

Namun pengambilan dokumentasi Pulau Jemur dilakukan setelah mendapatkan izin dari Bupati Rohil, Suyatno. Dimana beliau meminta instansi terkait untuk menjual potensi pulau itu baik kepada wisata nusantara (wisnus) maupun kepada wisata manca negara (wisman) melalui travel-travel paket wisata dalam dan luar negeri. 

"Kami mohon dukungan dari semua pihak, baik itu OPD teknis terkait maupun kepada masyarakat. Jika ini berhasil, maka sangat diyakini pariwisata Rohil akan maju dan masyarakat akan sejahtera," katanya.

Namun untuk mendukung program itu, pemerintah daerah telah membuka akses umum jalur wisata menuju Pulau Jemur. Objek wisata andalan yang berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas. Untuk menuju akses jalur laut, pemerintah daerah akan menyiapkan 2 armada kapal ferry dengan kapasitas daya angkut 68 orang.

"Kemudian lihat perkembangannya, jika ramai peminat akan ditambah frekuensi jadwalnya dan apabila sudah tersedia tempat menginap akan ditambah hari nya menginap selama hari Sabtu- Minggu," Kata Sekdakab Rohil, H Surya Arfan 

Sebelumnya, kajian sudah dilakukan bersama tim baik dari pemerintah daerah, lembaga legislatif, pemprov Riau dan pemerintah pusat. Hasilnya, biaya yang dikenakan dalam sekali perjalan pulang dan pergi bagi penumpang sebesar Rp350 ribu.

"Biaya penumpang perorang ditetapkan 350 ribu rupiah pulang pergi. Kita rencananya menyiapkan jadwal 2 kali seminggu, setiap Sabtu berangkat pagi dan kembali sore hari," sebutnya.(adv/humas)

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait