Pembangunan Jalan Lintas Sinaboi – Dumai Harus Terealisasi

R Hartono, Candra
Pembangunan Jalan Lintas Sinaboi – Dumai Harus Terealisasi

Rokan Hilir (katakabar) - Jalan Lintas Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menuju Kota Dumai merupakan pembangunan infrastuktur jalan lintas yang diwacanakan sejak jaman kepemimpinan Bupati Rokan Hilir, H Annas Maamun hingga kini belum juga kunjung terealisasi. 

Pasalnya, jalan yang menuju Kota Dumai itu terbentur dengan HPH PT Diamond Raya Timber yang hingga kini belum menemukan kesepakatan.

Hal ini menimbulkan keprihatinan Bupati Rokan Hilir, H Suyatno karena jalan tersebut merupakan salah satu peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah pendapatan daerah. 

Walaupu demikian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tetap terus berjuang agar akses jalan yang dapat memudahkan ekonomi masyarakat itu bisa segera terwujud.

Jika jalan penghubung antar dua daerah itu bisa di bangun dengan cepat, diyakini ekonomi masyarakat Riau khususnya Rohil dan Dumai akan semakin maju.

"Dumai itu kota industri, banyak hasil dari Rohil yang dijual atau diimpor melalui Dumai. Dengan dibangunnya jalan ini diyakini, kesejahteraan masyarakat akan dapat ditingkatkan," kata Suyatno di salah satu acara belum lama ini.

Kepada berbagai pihak sudah disampaikan bupati terutama kepada pemerintah pusat, dengan harapan pembangunan jalan itu dapat terealisasi.

Untuk mewujudkan pembangunan jalan lintas yang menghubungkan dua daerah itu kini tertuju kepada Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman untuk dapat menyelesaikan persoalan jalan Sinaboi-Dumai terhadap perusahaan.

Harapan ini disampaikan bupati saat sidang paripurna sempena HUT Rohil ke-18 yang digelar di Gedung Serbaguna, Bagansiapiapi Rabu (4/10/2017) yang lalu.

Mengenai tapal batas Sinaboi-Dumai, Bupati Suyatno mengakui bahwa sudah dikoordinasikan dengan Gubernur dengan harapan Gubernur Riau segera menindaklanjuti persoalan tersebut karena akses jalan lintas Sinaboi sangat didambakan masyarakat, kalau nanti jalan Sinaboi-Dumai tembus dari Bagansiapiapi ke Dumai hanya memakan waktu 1 jam saja mengunakan mobil, kalau jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah jadi maka orang Bagansiapiapi ke Pekanbaru hanya 3.

"Jadi inilah Pekerjaan Rumah (PR) yang belum direalisasikan oleh pak Gubernur Riau untuk Kabupaten Rohil dan Dumai," tegasnya.

Pemerintah dan masyarakat sangat berharap betul pembangunan jalan Sinaboi-Dumai, begitu juga dengan persoalan PT Diamon. Selain Gubernnur bupati juga berharap dukungan penuh dari pihak DPRD Riau agar rencana untuk mendekatkan jarak tempuh dan kepentingan masyarakat ini dapat segera terwujud.

Selain itu, potensi perikanan juga masih tinggi. Bahkan ada salah satu investor yang datang minta disiapkan lahan 1000 Ha untuk pembangunan pelabuhan peti kemas di Sinaboi.

"Sayangnya, hingga kini, masih terkendala oleh beberapa persolan, terutama belum terbangunnya infrastuktur jalan lintas Sinaboi dan Dumai," pungkasnya. (Advertorial Humas Pemkab Rohil)
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait