Tahun Depan, Riau Bangun Rusunawa di Tiga Kabupaten

Tahun Depan, Riau Bangun Rusunawa di Tiga Kabupaten

Pekanbaru (katakabar) - Tahun 2018 mendatang Pemerintah Provinsi Riau melalui dana APBN akan membangun tiga Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di tiga Kabupaten untuk menampung warga yang tidak memiliki rumah.

Tiga lokasi Rusunawa yang akan dibangun tersebut berada di Kabupaten Kuansing, Siak dan Bengkalis. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Provinsi Riau Muhammad Amin.

Menurut Amin, setelah dibangun nantinya maka pengelolaan akan diserahkan kepada Kabupaten yang memiliki lahan tersebut. Pembangunan Rusunawa ini menurutnya solusi bagi warga miskin yang belum memiliki rumah.

Tahun 2017 Riau membangun 100 unit Rumah Khusus melalui anggaran APBN di daerah perbatasan di Kecamatan Rangsang Kabupaten Meranti. Rumah ini khusus bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan.

"Ini dibangun menggunakan anggaran APBN melalui perjuangan kita ke pusat. Ini juga merupakan solusi bagi masyarakat miskin yang tidak memiliki rumah, "ujar Muhammad Amin.

Amin menambahkan Rusunawa ini merupakan perdana dibangun untuk Provinsi Riau dan mendapatkan jatah tiga bangunan. Diperkirakan satu bangunan itu bisa menampung 80 sampai 100 Kepala Keluarga.

"Untuk tekhnisnya pengelolaan Rusunawa ini nantinya kemungkinan Kabupaten Kota yang memiliki skema pengelolaan. Yang jelas masyarakat tidak punya rumah diperlukan, "ujar Amin.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait