Hobi Mendatangkan Rezeki

Hobi Mendatangkan Rezeki

Katakabar.com - Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, menjadi terkenal tidak harus selalu masuk televisi. Media sosial juga bisa dijadikan langkah baru untuk dikenal masyarakat luas. 

Selembar foto yang unik bisa menjadi modal awal untuk mengumpulkan ratusan bahkan jutaan penggemar di akun media sosial. Tawaran kerja pun terkadang datang untuk menawarkan kerja sama yang bisa mendatangkan penghasilan yang luar biasa. Selebgram atau selebriti Instagram menjadi pilihan yang menarik bagi para endorser untuk memperkenalkan produk mereka ke khalayak luas. 

Untuk tarifnya pun sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta, bergantung pada video yang mereka buat. Tak perlu memiliki wajah rupawan, hanya bermodalkan kreativitas, Anda sudah bisa berkarya, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Hal inilah yang dirasakan influencer ataupun selebgram Michan Jamilah. Ketenaran Michan sebagai seorang selebgram sudah tidak diragukan lagi. Profesi yang sudah dia geluti selama dua tahun itu bermula dari hobinya menekuni fashion hijab dan bergabung dengan komunitas hijab. 

Wanita yang sudah memiliki pengikut sebanyak 180.000 tersebut selalu upload kreasi hijabnya di akun Instagram. Saat berbagi kisah dengan KORAN SINDO , Michan pun menuturkan, saat ini dia lebih fokus pada produk fashion saja. Seperti pakaian, kerudung, sepatu, dan beberapa aksesori pelengkap. 

Michan pun sering menolak bila dirinya ditawarkan untuk endorsement produk pelangsing, pemutih wajah, ataupun peninggi tubuh. Hal ini dia lakukan karena takut beberapa produk tersebut tidak didaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Wanita yang pernah menjadi model busana muslim karya Zaskia Adya Mecca ini pun mengisahkan, dalam melakukan endor sement bisa dilakukan dengan personal ataupun lewat grup yang dinaungi oleh agensi dirinya. 

“Biasanya dalam melakukan penawaran, online shop langsung menghubungi aku atau agensiku dulu untuk melakukan kerja sama. Tapi kalau untuk brand yang ingin personal, biasanya langsung nego harga sama aku. Kalau butuh dengan grup, negonya bisa dengan agensi,” kata Michan. 

Michan pun menambahkan, perbedaan melakukan negosiasi dengan personal dan grup itu ada pada tarifnya. Biasanya akan lebih mahal tarifnya jika melakukan endorsement secara personal, dibandingkan jika melakukan penawaran untuk grup. 

“Aku selalu membuka harga mengikuti dengan jumlah followers aja. Seperti sekarang, jumlah pengikutku sudah 180.000 berarti untuk tarif yang aku kenakan dalam sekali endorsement bisa Rp180.000,” tuturnya. Dalam melakukan tugasnya sebagai selebgram, Michan pun memiliki teknik tersendiri. 

Seperti saat melakukan pemotretan, bila pihak iklan lebih menginginkan barangnya terlihat banyak, dia akan meminjamnya dan dikembalikan setelah selesai pemotretan. 

“Kalau pemotretan dilakukan dalam jumlah banyak, biasanya aku selalu melibatkan fotografer lain. Tarif yang diberikan pun berbeda, berkisar antara Rp250.000,” ungkapnya. 

Setelah lama menjadi seorang selebran, Michan pun mengaku senang dan bersyukur. Dia mengaku dalam satu bulan saja, dirinya bisa mendapatkan pemasukan antara Rp4 juta sampai Rp10 jutaan. Itu pun masih banyak yang dia pilih-pilih, mengingat banyak sekali permintaan yang datang.

“Aku bersyukur banget ya, sangat lumayan. Itu pun sudah banyak yang aku tolak. Kalau tidak, seharinya bisa lebih dari 20 yang masuk,” ujar Michan. Walaupun bisa mendatangkan penghasilan yang besar, Michan tidak ingin menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan tetapnya. 

Dia tetap mengutamakan profesinya sebagai seorang guru. “Ini hanya penyaluran hobi aja, ‎kalau rezeki datangnya dari Allah. Kalau memang hobi ini bisa mendatangkan rezeki, kenapa enggak kita syukuri aja,” tutupnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait