Dari Johor Hendak ke Aceh, Sabu 2 Kg Diamankan di Dumai

Dari Johor Hendak ke Aceh, Sabu 2 Kg Diamankan di Dumai

Dumai (katakabar) - Lagi-lagi jaringan narkoba internasional menyusup ke Riau. Kali ini dua orang mencoba membawa sabu seberat 2.085 gram melalui Pelabuhan Dumai PT Pelindo I. Untung saja berhasil digagalkan oleh Tim Bea Cukai dan Polres Dumai.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (9/1/2018) lalu. Adapun pelaku pertama yang berhasil diamankan berinisial IW (27). Pelaku ditangkap di pelabuhan sebagai salah seorang penumpang kapal dari Malaysia


Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di depan awak media, Kamis (11/1/2018) sore. Guntur mengatakan barang haram tersebut berasal dari negara tetangga (Malaysia-red) yang dibawa secara estapet.

"Jika barang sabu ini lolos, akan dibawa ke Provinsi Aceh yang dijemput seseorang," ungkap Guntur.

Sesudah diamankan IW, polisi kembali mengembangkan jaringannya melalui informasi yang didapatkan. Hasilnya satu pelaku lainnya bernama BA (20) yang datang dari Aceh hanya untuk menjemput sabu itu dari tangan IW.

"Kita kembali amankan BA temannya IW yang telah menunggunya di loket Bus Makmur. Dari tangannya narkotika tidak ditemukan, hanya saja tiket bus," sambung Guntur.

Upaya proses penyelidikan tidak sampai di sana, polisi kembali temukan satu nama orang yang telah menampung sabu itu di Aceh bernama Heri yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"DPO ini lah yang nantiknya akan menampung sabu seberat 2.085 kilogram. Namanya sudah kita kantongi dan tetap diburu keberadaannya, tentunya kordinasi dengan Polda Aceh," terang Guntur.

Di hadapan petugas, Iwan mendapatkan sabu ini dari seorang wanita di Johor, Malaysia yang memberikan perintah kepada Iwan untuk diserahkan ke seorang berada di Aceh. Tentunya akan mendapatkan imbalan setimpal.

"Kita masih dalami upah yang diterima kedua pelaku kurir narkoba ini. Untuk upaya pengembangan mereka dan barang bukti telah diamankan ke Polres Dumai," tutup Mantan Kapolres Pelalawan ini.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait