Dandim Bengkalis Jamin Prajurit TNI Netral di Pilkada Riau

Dandim Bengkalis Jamin Prajurit TNI Netral di Pilkada Riau

BENGKALIS (katakabar) - Kodim 0303 Bengkalis akan ikut tergabung dalam pengamanan proses Pilkada Riau Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018. Meskipun orang nomor satu di jajaran TNI di Riau ikut dalam helat pesta demokrasi ini, prajurit TNI di wilayah hukum Kodim Bengkalis dijamin netral.

Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Farizal Helmi mengatakan pengamanan Pilkada Riau melibatkan TNI termasuk Kodim 0303 Bengkalis. TNI akan membackup Polri mulai dari tahapan sosialisasi, kampanye hingga pemungutan suara. 

"Kita menurunkan 600 personel (untuk pengamanan Pilkada Riau)," ungkapnya, Rabu (24/1/2018).

Rizal menegaskan TNI harus dalam posisi netral baik siapapun calon di Pilkada Riau. Hal itu penting untuk menciptakan pemilu bersih dan aman. 

"Terlepas walaupun Danrem dalam pilkada Riau ini mencalonkan diri, setelah tanggal 31 Januari kalau Danrem sudah tidak menjabat sebagai komandan Korem, ya berarti dia sudah menjadi sebagai masyarakat sipil. Pada saat setelah Pilkada selesai seluruh jajaran saya, saya yakinkan akan netral," tegas Dandim.

TNI, sambung Letkol Rizal Faisal mempunyai hak untuk menangkap orang yang coba melakukan kampanye hitam dan kecurangan dalam Pilkada. 

"Kita juga mempunyai hak untuk menangkap jika ada kecurangan, money politik dan menangkap berita Hoax serta black champagne dan sebagaimana, ini sudah ada MoU nya," pungkas Dandim.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait