Cerita Tak Sedap Gaji Aparat Desa Talang Tujuh Buah Tangga

Rapat Dadakan Pasca Dilaporkan

Joni Sigiro
Rapat Dadakan Pasca Dilaporkan

Rakit Kulim (katakabar) - Pasca Kepala Desa Talang Tujuh Buah Tangga, Sierlina dilaporkan oleh sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Solidaritas Masyarakat Talang Tujuh Buah Tangga untuk Keadilan (SMT2BTK) Jumat pekan lalu ke Polres Indragiri Hulu (Inhu), suasana di desa yang sedang bermasalah dengan PT Bukit Betabuh Sei Indah (BBSI) itu sedikit memanas.

Mendengar dia dilaporkan ke polisi, Jumat malam Sierlina langsung mengumpulkan sejumlah perangkat desa yang dianggap masih berpihak kepadanya.

Sumber katakabar.com menyebut, rapat berlangsung hingga pukul 23:00 wib di kantor desa Talang Tujuh Buah Tangga di Dusun I.

"Yang dibahas dalam rapat itu adalah gaji aparatur yang dipersoalkan oleh sejumlah masyarakat yang melaporkan Sierlina ke polisi. Sierlina meminta kepada aparaturnya untuk membikin pernyataan bahwa selama ini gaji aparatur desa lancar," ujarnya.

Masih kata sumber ini, dalam rapat yang juga dihadiri oleh Kepala Dusun III, Doprinor Limbong, Ketua RW di Dusun II, Agus Musadat melontarkan pertanyaan di rapat itu, "Apakah benar-benar gaji kita sudah lancar?"

Dopri kemudian menjawab pertanyaan itu," Kenapa kita persoalkan lancar tidaknya gaji? Kita kan enggak kerja," kata Dopri.

Mendengar omongan Dopri tadi, akhirnya aparatur desa yang ikut dalam rapat itu akhirnya mau meneken pernyataan bahwa gaji mereka lancar.

Kepada katakabar.com Kepala Dusun IV, Enos Jaipul, justru mengaku kalau selama menjadi kepala dusun --- dua tahun --- dia tidak pernah menerima gaji tepat waktu.

"Sebagai kadus, sesuai peraturan gaji saya Rp1,2 juta perbulan. Gaji itu saya terima sekali tiga bulan. Ini berarti dalam setahun saya menerima gaji 4 kali. Tiap penerimaan mustinya Rp3,6 juta. Tahun 2016 lalu, saya cuma menerima gaji dua kali. Itupun masing-masing Rp2,5 juta. Tahun lalu saya juga cuma dua kali terima gaji. Pada bulan Juni dan Desember masing-masing Rp2,5 juta dan Rp4 juta," cerita Enos.

Tidak jelas pasti berapa Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang diterima oleh Desa Talang Tujuh Buah Tangga. Tapi di desa Tetangga Talang Pring Jaya yang mekar dari Desa Talang Tujuh Buah Tangga, Alokasi Dana Desa dan Dana Desa Rp1,36 miliar. Dari duit sebanyak itu, duit untuk Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Rp407,999 juta. Duit ini termasuk untuk gaji aparatur desa.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait