Menyoal Aset Pemprov Riau, Ini Kata Syahrial Abdi

Menyoal Aset Pemprov Riau, Ini Kata Syahrial Abdi

Foto : Istimewa

PEKANBARU (KATAKABAR)- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau Syahrial Abdi, mengatakan ada beberapa aset pemerintah nilainya bertambah, namun ada juga aset yang mengalami penyusutan nilai (depresiasi).

Untuk aset yang memiliki penambahan nilai, pihaknya saat ini sudah menyiapkan penambahan tersebut. "Kami saat ini sudah dalam proses penambahan, bagaimana dengan keberadaan aset itu bisa memberikan nilai yang lebih. Ini secara nilai dan sesuai dengan perkembangannya saat ini,"  ujarnya, hari ini (9/2/2018) di Pekanbaru.

Syarial Abdi menyebutkan dilibatkan tim penilai publik terhadap beberapa aset milik Pemprov Riau supaya diketahui berapa idealnya aset itu memberikan sumbangan terhadap PAD daerah, dengan metoda yang bisa memperhitungkan masa pemanfaatan penurunan atau penambahan potensi aset dalam 5 tahun sekali.

"Contoh, masalaha parkir Hotel Grand Zuri yang Rp 38 juta itu. Memang itu kecil angkanya tapi kita tidak tahu apakah itu layak untuk dinaikkan atau tidak," ujarnya.

Jadi, memerlukan kajian lebih dalam lagi. Berapakah nilai ideal yang bisa menghasilkan uang sekarang. Jika ternyata nilainya tidak sesuai, kata dia, pihaknya bisa mengubah pemanfaatannya ke yang lain.

"Ini agar menghasilkan nilai yang lebih tinggi. Karena ada instrumen disana, misal pajak dan sejenisnya. Termasuk inflasi harusnya menjadi komponen perhitungan," jelasnya.

Cerita Syahrial,  pihaknya kini sudah melakukan koordinasi terkait masalah perhitungan aset untuk memakai jasa tim penilaian publik, dan itupun sudah dilakukan. Sehingga kini tengah menunggu hasil penilaian.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :