Susah Tidur? Lakukan Hal ini..,

Susah Tidur? Lakukan Hal ini..,

KATAKABAR - Sudah waktunya tidur tapi belum ngantuk juga? Sungguh rasanya ngutuk sekali karena keesokan harinya harus ada aktivitas yang buat bangun lebih pagi. Dan anda sudah lakukan berbagai cara, mulai dari A sampai Z atau mulai dari makan malam sampai meminum segelas susu.

Tenang, kali ini tak perlu khawatir. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa menulis to do list atau daftar hal-hal yang perlu dikerjakan sebelum tidur terbukti ampuh bikin seseorang lebih cepat tertidur.

Seperti dikutip dari Shape, periset dari Baylor University di Texas melakukan uji coba pada 57 orang di rentang usia produktif, berusia antara 19 sampai 30 tahun. Mereka kemudian diminta menghabiskan waktu selama lima menit sebelum tidur untuk menulis daftar tugas.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok yang dipilih secara acak. Satu kelompok diminta untuk menulis segala hal yang perlu mereka lakukan selama beberapa hari ke depan. Sementara yang lainnya diminta untuk menulis tentang hal-hal yang telah mereka selesaikan dalam beberapa hari terakhir.


Dari pengamatan terhadap tidur peserta termasuk gerakan mata dan aktivitas gelombang otak, para periset menemukan bahwa mereka yang menulis daftar tugas sebelum tidur tertidur sembilan menit lebih cepat daripada mereka yang menulis tentang tugas yang sudah diselesaikan.

Terlebih, orang-orang yang menulis daftar tugas yang lebih panjang dan lebih spesifik tertidur lebih cepat daripada mereka yang menulis lebih pendek dan lebih umum.

"Kami berpikir bahwa ketika orang membuang semua yang ada dalam pikiran mereka yang mungkin sulit untuk diingat, itu memberi mereka kelegaan dari ruminasi itu," kata Michael Scullin, asisten profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University.
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :