Gajala Kanker Paru-Paru Ini Sering Diabaikan..,

Gajala Kanker Paru-Paru Ini Sering Diabaikan..,

Istimewa

KATAKABAR  The American Cancer Society memperkirakan bahwa 30.000 orang yang meninggal akibat kanker paru-paru setiap tahun. Merokok adalah penyebab paling umum kanker paru-paru. Namun, tidak hanya merokok saja yang bisa memicu kanker ini.

Gejala penyakit ini juga nampaknya tidak jelas saat kanker berkembang didalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa kanker paru menjadi sulit untuk didiagnosis dan sulit diobati. Hanya 18% penderita kanker paru yang bisa bertahan selama lima tahun atau lebih lama setelah didiagnosis lebih awal. Tandanya, perlu kewaspadaan tinggi agar kanker paru tidak merenggut nyawa Anda.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Thorax, 65% penderita penyakit memiliki gejala yang paling umum adalah batuk. Nah, selain batuk inilah gejala kanker paru yang perlu kamu kenali.

1. Mengi

Mengi mungkin bisa menjadi tanda bahwa kanker menghalangi saluran pernapasan. Monika Shirodkar, spesialis apoteker dan tenggorokan hidung di Jefferson Health Medical Center, mengatakan ketika saluran udara menyempit, udara yang melewatinya bisa membuat berusara seperti bersiul. Anda harus pergi ke pihak medis sesegera mungkin untuk melakukan diagnosa dan menemukan pengobatan yang tepat.

2. Nyeri dada

Dada adalah adalah bagian tubuh yang memiliki sejumlah besar saraf. Jadi, saat tumbuh kanker, bagian ini akan tergganggu. Nyeri dada bisa disertai gejala lain seperti batuk, sesak napas. Namun, fenomena ini mungkin juga disebabkan batuk berlebihan.

 

3. Suara Berubah

Suara serak atau berubah bisa jadi pertanda kanker paru-paru. Mona Gohara, seorang apoteker dan dokter umum di Universitas Yale di New Haven, mengatakan bahwa laring itu dimampatkan bolak-balik antara trakea, esofagus dan aorta. Tumor bisa menekan saraf, dan bisa mempengaruhinya. Oleh karena itu, laring tidak akan menutup, menyebabkan suara serak. Fenomena ini juga bisa menjadi tanda kanker laring.

4. Napas tersengal

Menurut Christopher McStay, MD, kepala operasi UC Health, dari University of Colorado, di Amerika Serikat, jika terjadi gangguan atau muncul kanker di paru-paru maka cairan tidak bisa keluar sempurna, akrinya terjadila penumpukan cairan dalam paru. Hal ini menyebabkan efusi pleura. Anda akan merasa sulit bernafas karena tidak cukup ruang untuk masuk ke dalam paru-paru karena cairan yang telah menempati daerah tersebut.

5. Terserang Pneumonia

Pneumonia bisa menjadi pertanda kanker. Rolland Nemirovsky, konsultan kesehatan di Manhattan Therapy, mengatakan ketika tumor menghalangi udara masuk ke paru-paru, ini membuka jalan bagi bakteri untuk masuk, menyebabkan peradangan.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait