Pramuka Wujudkan Generasi Berkarakter

Pramuka Wujudkan Generasi Berkarakter

BANGKINANG KOTA (KATAKABAR)- Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang dalam menjalankan fungsinya mewujudkan generasi yang berkarakter, ini sesuai dengan amanah undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 yahun 2010 tentang gerakan pramuka dan bersatu badan hokum dalam pelaksnaannya.

Organisasi yang bergerak dalam bidang kecekatan dan kecakapan sebagai organisasi yang bergerak pada bidang formal dan non formal dapat mebentuk satuan komunikasi sebagai organisasi sebagai organisasi pendukung yang berfungsi menghimpun dan mengkoordinasikan kegiatan Gugus Depan (Gudep) berbasis profesi.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H. azis Zaenal yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Kampar Bidang Hukum dan Politik Mawardes saat memberikan arahan pada acara Persemian dan pengukuhan pengurus Gugus Depan (Gudep) gerakan Pramuka Lapas II B Bangkinang pada hari Rabu, 7/3.

Dikatakan Mawardes kita sudah tahu dengan keberadaan Pramuka sejak kita di Sekolah Dasar, dan ini sanagt membantu dalam memebrikan pendidikan karaakter bagi anak-anak, sehingga apa yang mereka dapatkan dimasa pendidikan kepramukaan dapar dirasakan manfaatnya bagi mereka” Kata Mawardes.

Selain itu tambahnya lagi dengan adanya kependidikan kepramukaan yang ada di Lembaga Kemasyakatan ini dapat pula menjadikan sebagi ajang untuk memberikan keterampilan dan kesibukan bagi warga binaan LP Bangkinang ini untuk meningkatkan keterampilan bagi mereka” Katanya lagi.

Sementara itu Ketua Kwartir Cabang Pramuka 03 Kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana dalam arahan menyampaikan bahwa dengan telah dikukuhkannya Gudep Satan Komunitas Pengayoman lapas Kelas II B Bangkinang dapat memberikan sebagi wadah untuk berhimpun bagi warga Binaan LP Bangkinang untuk memberikan keterampilan bagi mereka.

Selain itu tambahnya lagi dapat mengkoordinasikan berbagi kegiatan Gudep dengan basisi agama, profesi  maupun aspirasi yang berada di satuan pendidikan maupun yang berada di komunitas” Kata Eva Yuliana.

Pada Kesempatan itu juga Eva Yuliana berharap melalui gerakan Pramuka ini, para binaan dapat memiliki karakter yang baik, dan dapat membentuk kepribadian, sehingga ini dapat menjadi motivasi dan dan menjadi contoh bagi warga binaan lainnya, sehingga dapat berkembang dan dapat memberikan manfaat bagi warga binaan maupun bagi masyarakat sekitar” Harap Eva Yuliana.

Pada Kesempatan tersebut dilakukan persemian dan pengukuhan pengurus Gudep Lapas Kelas II B Bangkinang periode 2017-2022 dan penampilan atraksi dari warga binaan. Hadir pada acra tersebut Kalapas II B Bangkinang, Heri Suhasmi, Kemenkumham Provinsi Riau Dewa Ptu Gede, BC, Ip, SH, Forkopimda Kabupaten Kampar, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar (OPD) dilingkungan Pemkab Kampar, pengurus dan anggota Kwarcab 03 Kampar dan Kwartir Kecamatan Bangkinang Kota. (Diskominfo Kampar/AY)


 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :