Waw.., Perdana Pria Transgender Melahirkan Bayi

Waw.., Perdana Pria Transgender Melahirkan Bayi

istimewa

HELSINKI (KATAKABAR)- Pertama dalam sejarah di negerinya, seorang pria asal Finlandia dilaporkan melahirkan bayi dengan sehat dan selamat. Ternyata, pria tersebut adalah wanita transgender yang menjalani terapi hormonal.

Kasus ini langsung menghebohkan negara tersebut, mengingat hukum di Finlandia membutuhkan infertilitas untuk mengubah gender seseorang.

"Bayiku beratnya hampir empat kilogram dan panjangnya 53 cm (saat lahir)," kata pria itu -- yang namanya enggan dicantumkan -- kepada media lokal, Lannen Media dan dikutip oleh Straits Times, Rabu 4 April 2018. Ia diwawancarai dua minggu pasca-melahirkan.

Pria berusia 30-an tersebut secara hukum telah mengubah jenis kelaminnya dari wanita ke laki-laki pada tahun 2015, setelah bertahun-tahun dirinya menjalani terapi testosteron.

Meski demikian, ia memutuskan untuk membatalkan operasi ganti kelamin demi menyelesaikan masa transisi fisik prianya, sebelum akhirnya memutuskan untuk hamil dengan suaminya.

Berdasarkan hukum Finlandia, seorang wanita yang ingin menjalankan terapi hormonal harus membuktikan bahwa mereka "tidak subur". Ini diperlukan untuk menguatkan alasan mereka ketika ingin mengubah jenis kelamin berdasarkan proses hukum.

Dalam praktiknya, unit medis Finlandia menganggap pasien transgender mereka mandul saat menjalani terapi testosteron dalam waktu lama. Namun, kesuburan seorang wanita terkadang dapat kembali, apabila terapi hormonal ditunda.

Dalam kasus "transgender melahirkan" di Finlandia, pasangan yang tinggal di Helsinki itu memutuskan untuk menangguhkan perawatan hormonal, dan setelah satu tahun periode kewanitaannya kembali.

"Apakah saya ingin masyarakat mendikte apa yang saya lakukan terhadap tubuh dan hidup saya? Tidak ada yang bisa menghentikan saya. Saya orang bebas," kata pria itu dalam wawancara sebelumnya dengan koran Finlandia, Helsingin Sanomat, saat masih hamil.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :