Demi Kamtibmas, Bathin Solapan Layak Dibentuk Polsek

Sahdan
Demi Kamtibmas, Bathin Solapan Layak Dibentuk Polsek

DURI (KATAKABAR)- Meski sudah berumur 3 Tahun Kecamatan Bathin Solapan berdiri, namun hingga kini Polsek pun belum dibentuk.

Kecamatan yang dulunya berasal dari pemekaran Kecamatan Mandau ini terbilang cukup luas, terbentang dari Jalan Jenderal Sudirman berbatasan dengan Kecamatan Mandau hingga Jalan Lintas Duri-Dumai multi fungsi Jalur Lintas Utara Sumatera berbatas dengan Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Bathin Solapan, Rahmat Yusup angkat bicara, kata nya Kecamatan Bathin Solapan sudah sangat layak dibentuk Polsek untuk lebih menjaga Kamtibmas.

Ditambah penduduknya cukup padat, jumlah calon pemilih pada pilgubri 2018 yang digelar pada 27 Juni 2018 nanti mencapai 65 Ribu menyebar di 14 Desa dari Tambusai Batang Duri hingga Pamesi sebelah Timur.

"Penduduknya cukup padat. Lokasi Kecamatan pemekaran ini berada di Jalur Lintas Sumatera tentu cukup rawan dengan hal-hal tidak diinginkan terjadi ," kata Ketua BPD Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan kepada katakabar.com via seluler Kamis (12/4/2018) siang.

Cerita Rahmat Yusuf wilayah Kecamatan Bathin Solapan punya 3 kantor Bhabinkabtibmas dulu namanya Kantor Kapolpos. 3 Polpos dengan personil Polisi bisa dihitung jari itu dinilai tak mampu menjaga Kamtibmas dengan wilayah yang cukup luas dan penduduk yang padat.

Sementara, jumlah personil di Polsek Mandau yang berkantor dekat lokasi PT Chevron sekitar 100 meter dari Jalan Jenderal Sudirman tidak sampai 100 orang menjaga Kamtibmas 2 Kecamatan, Mandau dan Bathin Solapan cukup sulit.

Soal kerawanan kriminal anda bisa bayangkan seperti apa daerah yang berada di Jalur Lintas Sumatera yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.  

Dimana, orang-orang bebas keluar masuk dengan ragam latar belakang dan karakter bisa jadi daerah cukup rawan terjadi peristiwa dugaan tindak pidana kriminal.

"Terkait pembentukan Polsek persiapan atau pembantu sebenarnya sudah dibicarakan dalam rapat internal LAMR. Kecamatan Bathin Solapan sudah sangat layak dibentuk Polsek pembantu demi menjaga Kamtibmas di daerah yang memiliki wilayah cukup luas dan penduduk yang padat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bapilu DPD Nasdem Kabupaten Bengkalis, Parsaroan Marbun menimpali, tidak hanya Kecamatan
Bathin Solapan sangat layak dibentuk Polsek. Kecamatan Tualang Mandau beserta Kecamatan lainnya yang belum punya Polsek mendesak dibentuk untuk menjaga Kamtibmas.

Luas wilayah, kepadatan penduduk, gangguan Kamtibmas, laka lantas cukup tinggi serta menghadapi pesta demokrasi, pilgub dan pilpres dan Pemilu merupakan alasan mendesak dibentuk Polsek di 3 kecamatan terutama Bathin Solapan.

"Humas IKBDS mengimbau Polres segera membenahi tingkat polsek di Tiga Kecamatan terutama di Dua Kecamatan, Bathin Solapan dan Tualang Muandau," sebutnya.
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :