Apakah 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Umur Panjang?

Apakah 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Umur Panjang?

istimewa

KATAKABAR- Hidup sehat sampai usia senja adalah harapan banyak orang. Ilmuwan AS menyarankan lima kebiasaan yang dapat memperpanjang umur kita lebih dari sepuluh tahun, yakni makan makanan sehat, olahraga teratur, minum air putih dalam jumlah cukup, tidak merokok, dan menjaga berat badan sehat.

Tim peneliti berusaha mengukur sejauh mana lima kebiasaan tersebut dapat memengaruhi kesehatan dan umur seseorang.

Temuan yang terbit di jurnal Circulation Senin (30/4/2018) menunjukkan, kelima kebiasaan ini dapat memperpanjang hidup seorang wanita hingga 14 tahun dan memperpanjang usia pria sampai 12 tahun.

Disiarkan Time Senin (30/4/2018), Kesimpulan ini didapat setelah para ilmuwan menganalisis dua penelitian kesehatan AS berskala besar. Sampel yang digunakan sekitar 79.000 wanita dan lebih dari 44.300 pria.

Para responden diminta mengisi kuesioner yang berkaitan dengan gaya hidup dan kesehatan setiap dua sampai empat tahun. Peneliti juga turun langsung ke lapangan untuk memantau kedisiplinan para responden menjalankan lima kebiasaan yang disarankan.

Orang-orang yang dianggap melakukan diet sehat adalah mereka yang cukup minum, memiliki berat badan ideal dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 sampai 24,9, olahraga teratur setidaknya 30 menit sehari, dan tidak merokok.

Peneliti memantau responden selama 34 tahun. Selama penelitian, ada lebih dari 43 ribu orang meninggal dengan 14 ribu kematian disebabkan kanker dan sekitar 10.700 orang meninggal karena penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, responden yang disiplin melakukan lima kebiasaan baik memiliki risiko 74 persen lebih kecil meninggal daripada mereka yang tidak melakukannya.

Dalam laporannya, peneliti berkata dengan melakukan lima kebiasaan di atas dapat memperpanjang hidup seseorang hingga lebih dari 10 tahun.

Temuan ini mengingatkan kita betapa pentingnya melakukan hal-hal sederhana namun memiliki dampak besar untuk kesehatan kita. Ilmuwan berharap temuannya dapat menggerakkan Anda untuk melakukan saran kesehatan yang selama ini didengar.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :