Disos P3A Rohul Gelar Sosialisasi Forum Anak

Yahya Siregar
Disos P3A Rohul Gelar Sosialisasi Forum Anak

Pegawai Disos Rohul foto bersama peserta sosialisai Forum Anak.

PASIR PENGARAIAN (KATAKABAR)- Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disos P3A) Rokan Hulu menggelar sosialisasi Forum Anak tingkat. Acara dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abdul Haris mewakili Bupati Sukiman di Hotel Gelora Pasir Pengaraian, Rabu (25/4/2018).

Turut juga hadir Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disos P3A Rohul Irpan Rido diwakili Sekretaris Damri Poti, Kabid Perlindungan dan Tumbuh Anak Provinsi Riau, Camat se-Rohul, Ketua P2TP2A Rohul, Ketua Pokja I dan II TP PKK Rohul, Fasilitator Forum Anak Provinsi, Kepala Sekolah SLTA setiap kecamatan, perwakilan siswa pengurus OSIS setiap kecamatan.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Disos P3A Rohul Irpan Rido, diwakili Sekretaris H. Damri Poti mengatakan, tujuan dibentuknya Forum Anak adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan ide, mengembangkan jaringan, kemampuan, minat dan bakat secara efektif meningkatkan kecerdasan anak serta melatih disiplin dan keterampilan berorganisasi.

“Sehingga dari kegiatan sosialisasi Forum Anak ini akan terlaksananya sinkronisasi kebijakan dalam membuat program dan berguna bagi masyarakat khususnya anak," ujar dia.

Lanjutnya, Forum Anak ini sebagai wadah bagi anak guna mendorong dan memfasilitasi anak untuk mudah menyalurkan bakat dan minat olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi, bakat seni budaya dan kemampuan lainnya.

Damri Poti menambahkan, pembentukan Forum Anak di Rohul merupakan implementasi hak sipil dan kebebasan anak yang diamanatkan dalam Konveksi Hak Anak dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 3 Tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak dalam Pembangunan.

“Jadi, salah satunya ruang untuk partisipasi anak dalam pembangunan yaitu mewujudkan kabupaten layak anak. Untuk itu, kita harus memberikan ruang partisipasi kepada anak, harus ada dialog antara anak-anak dengan orang dewasa, terutama dengan pemerintah untuk membuka akses agar dapat memberi kesempatan untuk mendengarkan suara mereka,” jelas Damri.

Sementara itu, Bupati Rohul Sukiman yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abdul Haris mengatakan, kegiatan sosialisasi Forum Anak merupakan salah satu bukti perhatian Pemkab terhadap pentingnya menyalurkan bakat dan minat serta perkembangan anak di Rohul. Ini bentuk komitmen Pemkab Rohul mewujudkan kabupaten layak anak.

“Melalui Sosialisasi Forum Anak ini, kami harapkan kepada anak-anak kami, ilmu yang didapat dalam sosialisasi ini disampaikan sama teman-temannya di sekolah dan kawan-kawan OSIS, karena dari pembentukan Forum Anak Rokan Hulu ini sebagai penyaluran bakat dan minat anak-anak, sehingga bisa tumbuh dan berkembang,” katanya.

Haris mengatakan, sosialisasi Forum Anak Tingkat Kabupaten Rokan Hulu sebagai bentuk sarana bagi anak untuk berkumpul dan aktif menyuarakan aspirasi, kepentingan dan kebutuhan secara formal.

“Kita harapkan Forum Anak Rokan Hulu ini dapat membawa nama baik Rokan Hulu dan lebih eksis di tengah masyarakat, sehingga generasi kita tumbuh dalam lingkungan yang positif, berprestasi serta perkembangan anak dengan bakat mereka masing-masing bisa lebih ditingkatkan ke depan dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah,” kata Haris. (Adv/hum)
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :