Menyoal Jembatan Parit Cincin Rp13 Miliar

Baru Seumur Jagung Sudah Retak-Retak

Baru Seumur Jagung Sudah Retak-Retak

Jembatan Parit Cincin yang menghabiskan duit Rp13 miliar. foto. LSM BIN

Rokan Hilir (katakabar) - Kalau kemudian langsung sering dilindas kendaraan, jembatan senilai Rp13 miliar di Parit Cincin Pinggir Sungai Rokan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ini tak jadi omongan banyak orang.

Tapi sudahlah dibangun di lokasi sunyi dan belum pernah dilintasi kendaraan, jembatan yang disebut-sebut baru rampung Januari 2018, tapi dibangun pakai duit rakyat di APBD 2017 itu sudah retak-retak di bagian pangkal dan ujung. Bahu jalan dan bahu jembatan bagian atas juga rusak.

Kepada katakabar.com kemarin, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Badan Informasi Nasional (BIN) Rohil, RH Fasa cerita kalau pihaknya sudah melakukan investigasi ke lokasi.

Hasilnya, jembatan sepanjang 40 meter dan lebar 6 meter yang baru seumur jagung itu terkesan dibangun asal jadi. "Bangunannya masih baru tapi sudah rusak. Kalau sudah kayak gini, yang kita pertanyakan sudah pasti owner dan pengawas proyek," katanya.

Soal besaran anggaran kata RH, juga menjadi pertanyaan besar. Sebab Jembatan Bagan Cacing Kecamatan Pujut yang panjangnya sekitar 50 meter saja cuma menghabiskan anggaran sekitar Rp9 miliar.

"Pagu anggaran jembatan Pinggir Sungai Rokan Rp 14 miliar. Proyek ini dibawah kendali Dinas PUPR Pemkab Rokan Hilir. Kadisnya Jon Syafrindow yang kabarnya masih kerabat calon wakil Gubernur Riau, Suyatno," ujar RH.

Saat investigas ke lapangan kata RH, pihaknya menemukan kalau fisik jembatan yang rusak sudah diperbaiki dengan cara ditambal. "Kami mempertanyakan standar kualitas jembatan itu. Lantaran itu pula kami sudah melayangkan surat ke Kejari Rohil," katanya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait