Prancis Menang, Australia Jadi Korban Pertama VAR di Piala Dunia 2018

Prancis Menang, Australia Jadi Korban Pertama VAR di Piala Dunia 2018

Katakabar.com - Tim nasional Prancis memetik kemenangan pertama di Piala Dunia 2018. Pada pertandingan pertama Grup C di Kazan Arena, Sabtu (16/6/2018) malam WIB, tim besutan Didier Deschamps menang dengan skor 2-1.

Pada pertandingan ini Prancis maupun Australia memeragakan permainan menyerang sejak laga dimulai. Sepuluh menit pertama, Les Bleus mengurung pertahanan The Socceroos, namun belum ada gol tercipta.

Walaupun sempat berada di bawah tekanan, Australia nyaris membuka keunggulan pada menit 17. Berawal dari tendangan bebas Aaron Mooy dari sisi kanan pertahanan Prancis, sundulan Matthey Lecky nyaris merobek gawang Prancis. Beruntung, Hugo Lloris tampil cemerlang dengan memblok bola yang mengarah ke pojok kiri gawang. 

Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Di babak kedua, Prancis dan Australia tak mengubah skema permainan menyerangnya. Namun pada menit ke-57, petaka datang buat Australia.

Bek Australia, Joshua Risdon terbukti melanggar Antoine Griezmann di kotak penalti. Sempat menjadi perdebatan antara pemain Australia dengan wasit Andres Cunha. Juru pengadil akhirnya memanfaatkan teknologi Video Assistant Referee (VAR), dan wasit asal Uruguay itu menunjuk titik putih.

Griezmann, yang menjadi algojo sukses mengeksekusi bola mati tersebut. Statistik menyebut jika Prancis berhasil menyamai rekor penalti Jerman dengan 11 kali. 

Bisa dikatakan, Australia menjadi korban pertama dari teknologi VAR.  Sayangnya, euforia penggemar Prancis tak berlangsung lama. Selang empat menit kemudian, Mile Jedinak sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui titik putih setelah Samuel Umtiti menepis bola di kotak penalti.

Di tengah tekanan untuk menang, dua tim nasional ini saling jual beli serangan. Tapi Prancis justru yang berhasil mencetak gol kedua melalui aksi Paul Pogba di menit 80. 

Meski masih ada waktu tersisa, namun Australia gagal menyamakan kedudukan. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Prancis tak berubah. 

Untuk sementara Prancis berada di posisi teratas Grup C dengan raihan tiga poin. Sementara Australia di urutan keempat.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait