Siap-siap!! PPDB SMA TP 2018-2019 Sebentar Lagi

Sahdan
Siap-siap!! PPDB SMA TP 2018-2019 Sebentar Lagi

Duri (katakabar) - Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA sederajat Tahun Pembelajaran 2018 - 2019 mendatang terhitung dari sekarang tinggal 12 hari lagi. Masyarakat khususnya warga Duri 4 Kecamatan, Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Tualang Muandau yang memiliki anak yang tamat jenjang pendidikan SMP diimbau, bersiap untuk segera mendaftarkan anak-anak ke jenjang SMA sederajat.

Jadwal PPDB Tahun Pembelajaran 2018 - 2019 mendatang di buka pada 2 Juli sampai 5 Juli 2018 nanti. Sementara, pengumunan hasil seleksi PPDB dilaksanakan pada 7 Juli 2018 dilanjutkan daftar ulang calon siswa baru 9 Juli 2018, kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA sederajat Kabupaten Bengkalis, Sugito saat berbincang akrab di ujung selulernya Rabu (20/6) siang.

PPDB di Duri, Kabupaten Bengkalis terutama di Dua Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan rawan terjadi masalah di musim penerimaan peserta didik baru setiap Tahunnya. Guna mengantisipasi dan menimalisir persoalan yang bakal muncul di PPDB 2018, MKKS tingkat SMA Kabupaten Bengkalis telah melakukan musyawarah di pekan ke Dua Juni 2018 lalu.

Semua Kepala SMA sederajat di Duri sekitarnya sepakat merangkul dan melibatkan Kelurahan khusus RW dan RT merupakan ujung tombak pemerintahan turut membantu PPDB Tahun 2018.

Sistim PPDB pada 2 Juli 2018 nanti, sistim zonasi dengan persentase calon siswa baru wajib sekitar lingkungan sekolah sebesar 90 persen sisanya 5 persen diambil dari jalur prestasi dan 5 persen lagi dari jalur luar daerah. Sistim zonasi PPDB 2018 berdasarkan intruksi dan keputusan dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, tegasnya.

Menurutnya, masyarakat khususnya warga yang punya anak tamat SMP yang ingin mendaftarkan anak ke jenjang SMA bisa mengerti dan memahami sistim PPDB Tahun 2018. 

Sistim zonasi PPDB yang bakal diberlakukan pada Tahun Pembelajaran 2018 untuk menghindari penumpukan pendaftaran calon siswa baru selama ini rawan terjadi masalah PPDB seperti, di SMAN 1, 2, 3, 4 dan 8 Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Nah menjadi pekerjaan rumah hingga kini belum ada solusinya di PPDB Tahun 2018 sejumlah kelurahan yang belum memiliki SMA meliputi, Kelurahan Babussalam, Duri Barat, Duri Timur. Tiga kelurahan tersebut merupakan wilayah padat pendudukan memiliki lumayan banyak anak - anak yang tamat SMP Tahun Pembelajaran 2017 - 2018.

MKKS Kabupaten Bengkalis lepas lebaran segera menggelar musyawarah untuk mencari solusi calon siswa baru dari Tiga kelurahan biar dapat tertampung di SMAN yang ada di Duri sekitarnya.

"Melihat jumlah SMA baik sekolah negeri dan swasta yang ada di Duri mampu menampung calon peserta didik yang tamat dari jenjang SMP Tahun 2018". 

Masalahnya, masyarakat terkadang memaksakan anak harus bersekolah ke satu sekolah dengan ragam alasan salah satunya, alasan ekonomi dan sekolah dekat dan mudah di jangkau.

Untuk itu, kepada masyarakat diharapkan jangan memaksakan kehendak untuk mendaftarkan anak - anak ke satu sekolah. Masyarakat diimbau dapat mengerti dan memahami sistim zonasi PPDB Tahun pembelajaran 2018 biar anak - anak dapat bersekolah dan pelaksanaan PPDB dapat berjalan lancar, aman dan tertib, tandasnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :