Golput Berjaya di Mandau Wak !!

Golput Berjaya di Mandau Wak !!

Duri (katakabar) - Paslon Gubernur Riau nomor urut 1, H Syamsuar - Edi Natar Nasution boleh jadi bisa sedikit bernafas lega sambil menunggu hasil perhitungan dari Komisi Pemilihan Umum secara resmi.

Kenapa, hasil perhitungan cepat Paslon "Karib", jargon Paslon Nomor urut 1 sementara juara di Pilgubri Juni 2018. Tapi, pemenang sejatinya dalam pemilihan Gubernur Provinsi Riau periode 2019 - 2024 mendatang yang di helat 27 Juni 2018 kemarin adalah "Golput" sebab berkisar 60 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) di 9 Kelurahan dan 2 Desa se Kecamatan Mandau sebanyak 91326 tidak menggunakan hak pilihnya di pencoblosan Pilgubri Juni 2018.

Menurut Ketua PPK Mandau, Kabupaten Bengkalis, Nazarudin akrab di sapa Munir kepada katakabar.com di ujung selulernya siang tadi membenarkan bahwa, partisipasi warga yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih di Kecamatan Mandau pada Pilgubri Juni 2018 yang di helat kemarin hanya mencapai 40 persen - 45 persen.

"Persentase partisipasi warga Kecamatan Mandau itu sudah di hitung sama kertas suara yang tidak sah di 326 TPS se Kecamatan Mandau".

Kata Nazarudin, rendahnya partisipasi warga datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih disebabkan sejumlah faktor seperti, di hari pelaksanaan pencoblosan pas suasana hari libur sekolah dan masih libur lebaran.

"Sosialisasi perhelatan Pilgubri Juni 2018 yang dilakukan panitia pemilihan lumayan maksimal ke masyarakat meski beda faktanya di hari pencoblosan kurang sesuai harapan".  

Sehari pasca pencoblosan Pilgubri Juni 2018, PPK Mandau saat ini tahap melakukan rekap total suara yang masuk dalam pelaksanaan Pilgubri. 

Kendati, rapat pleno hasil perhitungan paslon Gubri  baru dilaksanakan PPK Mandau beberapa hari ke depan. Total suara masuk sudah dapat dipastikan. Begitu dengan persentase partisipasi masyarakat Kecamatan Mandau di pilgubri Juni  2018 sudah kelar pada sore hari, sebutnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait