Menikmati Kudapan Manis dari Jerman

Menikmati Kudapan Manis dari Jerman

Katakabar - JERMAN memiliki tradisi kuliner yang terbilang menarik sebagai salah satu bagian dari wilayah daratan Eropa.  Seperti dua kudapan manis yang lezat berikut ini yaitu rotegrutze, semacam puding buah khas Jerman dan octoberfest pie yang merupakan kue saat perayaan Oktoberfest . Dalam sebuah cooking demo membuat kue khas Jerman bersama Chef Arimbi Nimpuno, KORAN SINDO merasakan lezat dan mudahnya membuat kudapan khas yang meski terlihat sama dengan beberapa jenis pie maupun kue yang dipanggang lainnya namun tetap memiliki ciri khas dari Jerman. 

Misalnya ada bahan seperti sauerkraut yang dibuat dari kol yang difermentasikan, merupakan khas dari Jerman dalam mengolah makanan agar tidak cepat membusuk. Jerman juga terkenal dengan berbagai jenis minuman distilasi seperti bir, brandy, anggur, dan sampanye yang ditambahkan pada kue atau makanannya.

Untuk kudapan pertama yang dibuat Chef Arimbi adalah rote gr u tze , diterjemahkan sebagai “bubur jagung merah” walau bisa juga diterjemahkan sebagai “bubur sereal”, atau “bubur” saja. Menu ini sangat populer di Jerman utara dan juga Denmark yang biasa disebut dessert beri merah . Di Denmark, makanan ini dinamakan rodgrod. Bahan utama untuk membuatnya adalah campuran buah-buahan seperti raspberry atau stroberi, mangga, lalu sebagai pelapis bawah ada tepung maizena, dengan tambahan gula sesuai selera. 

“Saya menambahkan vanila untuk memberi harum. Vanila agak susah dicari. Ada yang liquid tapi saya pakai yang fresh , bisa didapat di supermarket,” kata Chef Arimbi Nimpuno saat cooking class sekaligus peluncuran Hafele, produk penyimpanan stok makanan asal Jerman.

Kudapan rotegrutze dari buah yang pertama sekali dicampur dan dimasak hingga menjadi seperti selai. Untuk menambahkan unsur khas Jerman, bisa ditambahkan bir. Namun, bila tidak suka, bisa dilewatkan. Sebagai alas yang berupa campuran adonan remahan biskuit, buat dan padatkan seperti mangkok dalam takaran. Terakhir masukan adonan selai buah, rotegrutze pun siap disajikan. Jenis berry merah dan stroberi diberi gula sedikit dan diberi pati jagung kental sebenarnya tidak mengandung grutze jagung yang dihaluskan, namun tetap disebut rotegrutze . Karena pada zaman dahulu, resep pembuatannya benarbenar menyertakan sereal oat yang dihaluskan atau palawija lain yang dicampurkan dengan beri merah liar.

Saat ini di Jerman, rotegrutze disajikan tanpa palawija dan resepnya ada bermacammacam. Kudapan selanjutnya adalah octoberfest pie yang dibuat dengan isian sauerkraut , yaitu kol yang  difermentasikan. Rasa sauerkraut dalam cita rasa asam manis di dalamnya memberi kejutan saat digigit. Tekstur roti di luar terasa renyah karena melalui proses pemanggangan. Kudapan dengan bahan dari campuran susu, telur, dan memakai keju swiss yang mengenyangkan dalam bentuk roti ini akan cocok sebagai teman minum teh sore hari. Di dalamnya juga diberi unsur khas masakan Jerman, yaitu sosis.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :