Prancis Kubur Mimpi Belgia Juara Piala Dunia 2018

Prancis Kubur Mimpi Belgia Juara Piala Dunia 2018

SAINT PETERSBURG (katakabar) - Timnas Prancis masih menjaga stempel sebagai kandidat juara Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Les Bleus itu menjadi peserta pertama yang berhasil melaju ke final usai mengalahkan Belgia dengan skor 1-0 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.

Gol semata wayang timnas Prancis dicetak Samuel Umtiti di menit 51. Ini pertama kalinya sejak 1998 (Lizarazu, Blanc & Thuram), terdapat tiga pemain bertahan Les Bleus yang mampu mencetak gol di Piala Dunia (Pavard, Varane & Umtiti). 

Pada pertandingan semifinal pertama di Piala Dunia 2018, Prancis maupun Belgia memeragakan permaianan menyerang sejak awal. Penampilan Red Devils cukup mengecoh lawan mengingat mereka selama ini dikenal memiliki tipikal permainan serangan balik. 

Deschamps pun berusaha menginstruksikan kepada anak asuhnya untuk menjaga penguasaan bola agar Belgia tak mampu melakukan penyerangan secara brutal ke jantung pertahanan Prancis. Namun skema ini tampaknya tidak berjalan sesuai rencana. Sebab, Les Bleus lebih banyak tertekan dan sulit untuk mengembangkan permainan. 

 

Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Di babak kedua, permainan makin menggila. Prancis mendapat peluang emas di menit 50 melalui sepakan memutar Oliver Giroud. Namun upaya itu masih mampu digagalkan Vincent Kompany. Statistik menyebut jika Giroud belum pernah mengancam gawang lawan dari 10 tendangan yang telah dilepaskannya selama di Piala Dunia 2018. 

Prancis pun mendapatkan sepak pojok. Di sinilah petaka datang buat Belgia. Berawal dari sepak pojok tendangan Antonie Griezmann, Umtiti berhasil memenangkan duel udara dengan Fellaini dan menyambut bola dengan sundulan yang mampu menggetarkan gawang Belgia. Pemain Atletico Madrid telah terlibat langsung dalam empat gol selama di sistem gugur Piala Dunia 2018. 

Gol pembuka yang dicetak Umtiti untuk Prancis membuat wajah Martinez terlihat pucat di pinggir lapangan. Dia tampak kebingungan untuk mengejar ketertinggalan satu gol tersebut. Perubahan pun dilakukan dengan memasukkan pemain untuk menambah daya gedor. 

Tapi usahanya itu tak membuahkan hasil. Pada akhirnya peluang timnas Belgia mengangkat trofi Piala Dunia untuk kali pertama terkubur seiring kekalahan yang ditelan Eden Hazard dkk saat ditaklukan Prancis dengan skor tipis 0-1. 

Bagi Prancis, ini merupakan final ketiganya selama keikutsertaan di Piala Dunia. Tak sedikit yang terkecoh jika 'umur' tim polesan Didier Deschamps masih panjang di turnamen sepak bola empat tahunan ini. 

Kini, pasukan Ayam Jantan tinggal seujung kuku untuk menuntaskan tugasnya dengan trofi juara. Mbappe dkk tinggal menunggu pemenang di laga semifinal antara Kroasia atau Inggris.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :