ASN di Daerah Paling Banyak Tersangkut Hukum

Dedi Suhardi
ASN di Daerah Paling Banyak Tersangkut Hukum

Medan (Katakabar)- Ini kata Kepala Biro Hukum Sekdaprovsu, Sulaiman Hasibuan soal Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tersangkut hukum. 

Katanya, kalau soal ASN sebenarnya merupakan gawean dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Namun, pihaknya hanya melakukan pendampingan dan saran pendapat kalau ASN tersangkut persoalan hukum, dan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). 

Ditemui di ruang kerjanya lantai 7 Kantor Gubsu, kemarin (6/8/2018), Sulaiman mengatakan, kalau sengketa hukum paling banyak dilakukan oleh ASN dari daerah-daerah. 

"Paling banyak kasus ASN bermasalah hukum di daerah,"kata Sulaiman. Beliau memberikan contoh, di Kabupaten Langkat ada sebanyak 10 ASN dan di Kabupaten Karo. 

"Cuma kalau sudah ada keputusan tetap (Inkrah). Inikan diusulkan oleh Kab/Kota untuk diberhetikan dan di SK-kan oleh Gubernur. Kemudian diberhetikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah,"jelas Sulaiman. 

Namun, kebanyakan ASN tersangkut hukum akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), sekarang masih banyak yang berproses. "Kita mengajukan saran pendapat,"akhirinya.  

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait