Penuh Keakraban dan Kebersamaan

Dedi Suhardi
Penuh Keakraban dan Kebersamaan

Berastagi (Katakabar) -  Outbound Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu bersama puluhan wartawan media cetak dan elektronik unit kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) di Hotel Sinabung Berastagi, berlangsung penuh keakraban dan  kebersamaan. Dalam kebersamaan itu, tiga hal jadi pelajaran yaitu fokus atau serius, komunikatif serta saling melengkapi.

Memberikan kata pembuka, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut melalui Asisten, Zonny Waldi mengatakan bahwa kunci dari sebuah hubungan adalah saling komunikasi seintensif mungkin. Baik antara sesama teman, begitu juga antara pihak pemerintah dan media. Dengan begitu akan ada hubungan sinergi satu dan lainnya demi mencapai tujuan pembangunan.

Media sebagai wadah bagi warga untuk mendapatkan informasi mendidik sekaligus juga masukan bagi pemerintah menurutnya, sangat diperlukan. Karena itu, beberapa hal yang mungkin belum tersampaikan, bisa diselesaikan dengan cara membangun komunikasi yang baik.

"Perang itu kan di udara, kalau berkumpul begini terlihat kebersamaannya, kompak semua. Mungkin memang harus sering-sering kita kopi darat (diskusi)," ujar Zonny Waldi, bersama Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus didampingi Kabag Humas Indah Dwi Kumala dan Kabag Pelayanan Media dan Informasi Harvina Zuhra.

Kegiatan outbound itu sendiri,dihadiri puluhan wartawan bersama staf Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov bermain bersama beberapa permainan yang menguji seberapa serius pribadi dan kelompok meraih tujuannya. Begitu juga bagaimana komunikasi, memberikan sekaligus menjaga kepercayaan serta saling melengkapi satu sama lain.

Diantaranya permainan memasukkan guli (kelereng) ke dalam cangkir dari wadah yang sudah diikat keliling dan dipegang oleh kurang-lebih 10 orang dalam satu tim tanpa menyentuh. Dilanjutkan dengan terpal tank, yakni 10 orang menggelindingkan gulungan terpal menggunakan tangan dan kaki seperti roda motor tank. Berikutnya permainan mengisi air dan permainan lainnya.

Kebersamaan terlihat dari masing-masing tim yang punya moto, yel-yel dan ciri khas sendiri. Meskipun berbeda, namun suasana gembira dan santai menandai kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Sementara tim pelaksana Toba Caldera Outbound sebagai pemandu kegiatan, Gea menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah mengikuti rangkaian acara. Mereka pun menjelaskan beberapa poin yang bisa diambil dari semua materi outbond yang dibawakan.

Senada dengan itu, Koordinator Wartawan Unit Pemprov Sumut Khairul Muslim juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya memang perlu ada komunikasi yang intensif agar apa yang dan akan dilakukan oleh pemerintah, dapat diketahui dengan baik oleh media. Begitu juga hal lain yang mungkin menurut masyarakat atau media massa penting untuk diinformasikan.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :