Watimpres Kaji Kondisi Demokrasi di Sumut

Dedi Suhardi
Watimpres Kaji Kondisi Demokrasi di Sumut

Medan (Katakabar)- Tim khusus bentukan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), melakukan kunjungan ke Sumatera Utara (Sumut). Kedatangan tim guna mengkaji kondisi demokrasi di Sumut.   

Wakil Ketua Tim Pengkaji, Dr Surya Wiranto SH MH mengatakan, dalam rangka memantapkan pembangunan demokrasi di Indonesia, tim khusus pengkaji dibentuk oleh Wantimpres untuk mengetahui Indeks Demokrasi di setiap provinsi secara khusus, dan Indonesia secara umum.

"Dimana hasil kajian ini nantinya akan dijadikan bahan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden, dalam penentuan kebijakan pemerintah menghadapi tahun politik Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2019,"katanya saat melakukan kunjungan ke Kantor Gubsu disambut Sekda Sabrina.  

Katanya, adapun aspek-aspek yang diukur dalam indeks diantaranya adalah kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi yang terbagi dalam sejumlah variabel dan indikator.

Sekdaprovsu, Sabrina kepada tim menyampaikan kalau kondisi demokrasi dan keberagaman perbedaan yang selama ini terjadi di Sumut. Katanya, Sumut sangat terkenal dengan keberagaman yang kaya. Namun, hal tersebut tidak menjadi penghambat dalam melaksanakan proses demokrasi di Sumut.

"Watak orang-orang Sumut memang terkenal keras, tetapi saya rasa orang di Sumut ini cukup dewasa dalam menyikapi perbedaan-perbedaan. Sejak dahulu, masyarakat Sumut hidup berdampingan dengan satu sama lain dengan rukun dan harmonis," katanya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :