Melongok SMPN 10 Dulu Bernama 16 Ditengah Kota Duri

Wak.., MCK Sekolah Tak Terawat dan Tak Dibenahi

Wak.., MCK Sekolah Tak Terawat dan Tak Dibenahi

Mandau (katakabar) - Sekolah Menengah Tingkat Pertama Negeri yang bernama 10 dulu bernama 16 berada di Jalan Sejahtera, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau persis ditengah Kota Duri, Kabupaten Bengkalis.

Dilihat dari luar, fasilitas rumah sekolah yang dinakhodai Jaswadi seperti, ruang belajar, kantor majelis guru dan Kepala Satuan Pendidikan SMPN 10 Mandau lumayan bagus karena sudah permanen.

Pekarangan depan sebelah kanan gedung sekolah sudah mulai di pagar dari beton. Ragam tanaman penghijauan yang tumbuh di halaman terlihat rindang dipadukan dengan ragam bunga di taman sekolah.

Siapa sangka, persis bagian belakang gedung sekolah berlantai Dua terdapat bangunan permanen tak terawat dan sudah lama tak dibenahi.

Bangunan itu adalah MCK sekolah, bagian atap bangunan sudah terkelupak dan mau tanggal dari kuda kuda bangunan. 

Bisa jadi atap bangunan rusak di makan usia lantaran berdiri berkisar 7 Tahun silam. 

Walau usia bangunan tua, andai pihak sekolah merawat dan membenahi pasti beda atap bangunan MCK pasti bagus. 

Jika atap bangunan dibiarkan begitu saja yang ada bakal rusak berat akhirnya tak bisa digunakan dan terbuang percuma duit rakyat untuk membiayai pembangunan MCK sekolah.

Dalam penelusuran katakabar.com ke sekolah pagi tadi hingga jelang siang tadi, fisik bangunan MCK SMPN 10 Mandau terdiri dari 4 ruang. Fisik bangunan bagian belakang sudah ditumbuhi rumput mirip bangunan tinggal jatang diurus dan dirawat. Kabarnya, bangunan MCK sudah tak difungsikan semestinya disebabkan sekolah krisis air bersih.

"Biarkan saja bangunan MCK SMPN 10 Mandau. Kalau mau konfirmasi untuk pemberitaan langsung sama Kepala Satuan Pendidikan SMPN 10 Mandau, Jaswadi", kata Ketua Komite SMPN 10 Mandau, Hendryanto kepada katakabar.com siang tadi di Duri.

Kata Ketua RW, anak yang bersekolah di SMPN 10 Mandau dari kelas 7, 8 dan 9 totalnya ditaksir mencapai 1056 orang.

Sementara, Biaya Operasional Sekolah yang diterima SMPN 10 Mandau Rp 800 Ribu per orang siswa dalam setahun.

Andai benar total siswa yang bersekolah di SMPN 10 Mandau segitu jumlahnya. BOS yang diterima SMPN 10 Mandau totalnya Rp 800 Juta lebih per Tahun.

Timbul ragam pertanyaan, kenapa pihak sekolah tak melakukan rehab ringan atap bangunan MCK. 

Berapa biaya yang dibutuhkan hanya untuk mengganti atap bangunan MCK terbuat dari seng yang rusak. Itu tergantung kemauan dan niat saja sebenarnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :