Memahami Apa Yang Dimaksud Shalat Sunnah

Sahdan
Memahami Apa Yang Dimaksud Shalat Sunnah

Katakabar - Kata shalat sunnah, kita sering mendengar. Tapi sampai saat ini, tahu kah kita shalat sunnah itu sendiri?  Ingat, jangan sampai kita termasuk ke dalam orang-orang yang hanya bisa berbicara suatu hal tapi tak paham hal yang dibicarakan sendiri.

Saat kita berbicara soal shalat sunnah tidak terlepas dari perintah Allah dan Rasul-Nya. Kenapa, karena shalat sunnah merupakan shalat yang dicontohkan oleh Rasulullah SWT atas dasar perintah dari Allah SWT. 

Untuk itu, mari sama sama kita mengenal pengertian dari shalat sunnah.

Salat sunah atau salat nawafil (jamak: nafilah) adalah salat yang dianjurkan untuk dilaksanakan namun tidak diwajibkan. Sehingga tidak berdosa bila ditinggalkan dengan kata lain apabila dilakukan dengan baik dan benar serta penuh ke ikhlasan akan tampak hikmah dan rahmat dari Allah SWT yang begitu indah. 

Shalat sunah menurut hukumnya terdiri atas dua golongan meliputi, shalat sunnah Muakad, adalah salat sunah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (lhampir mendekati wajib, seperti salat dua hari raya, salat sunah witr dan salat sunah thawaf.

Shalat Sunnah Ghairu Muakad, adalah salat sunah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti salat sunah Rawatib dan salat sunah yang sifatnya insidentil tergantung waktu dan keadaan, seperti salat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana.

Beberapa salat sunah dilakukan terkait dengan waktu tertentu namun bagi salat yang dapat dilakukan pada waktu yang bebas misal:salat mutlaq. Maka harus memperhatikan bahwa terdapat beberapa waktu yang padanya haram dilakukan salat:

1.Matahari  terbit hingga ia naik setinggi lembing

2.Matahari tepat dipuncaknya zenith, hingga ia mulai condong

3.Sesudah ashar sampai matahari terbenam

4.Sesudah subuh

5.Ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :