Sebarkan Hoax Gempa di Media Sosial, Seorang Wanita di Pekanbaru Diamankan

Sebarkan Hoax Gempa di Media Sosial, Seorang Wanita di Pekanbaru Diamankan

PEKANBARU (katakabar) - Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau mengamankan seorang wanita muda berinisial ML. Wanita ini diamankan karena dianggap menyebar berita hoax dalam akun media sosial facebook.

"Saat ini wanita tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kasusnya ditangani pihak Ditreskrimsus," ucap Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto Kamis (4/10/2018).

 

ML diketahui memposting tulisan di grup Grup Prabwo For NKRI sebanyak tiga kali 28 September 2018, 29 September 2018, dan 2 Oktober 2018. Dalam postingan di facebook beberapa waktu lalu itu ML menyebutkan bahwa kalimat yang menyesatkan yang intinya yakni "gempa demi gempa saling bersahutan di berbagai provinsi. Ini utk saling mengingatkan bertobatlah penghianat negara. Karena Prediksi BMKG Jakarta dan Jawa akan diguncang gempa susulan dg 8,6 tetapi tidak tau kapan tejadinya. Persiapan utk siaga saja. Dan smoga selamat dari bencana ini'.

Pengungkapan kasus ini setelah Polda Riau mendapat perintah dari Mabes Polri terkait adanya penyebaran hoax atau berita bohong dari akun facebook Lili Ilham pada 3 Oktober 2018. Pihak Polda Riau pun menelurusi pemilik akun tersebut. "Tersangka ditangkap di rumahnya," imbuhnya.

Keterangan di kantor polisi, ML mengakui perbuatannya. Dia mengaku bahwa membuat postingan itu bertujuan tujuan ingin dibaca dan diketahui oleh teman-teman yang ada di facebook miliknya. "Dia juga mengaku setelah postingan itu ingin mendapatkan komentar dari teman di facecook," imbuhnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :