Kodim 0302/Inhu Peringati HUT TNI ke-73

Yuswanto
Kodim 0302/Inhu Peringati HUT TNI ke-73

Inspektur Upacara Bupati Kuansing H Mursini MSi didampingi Dandim 0302/Inhu Letkol ARH Hendra Roza SIP memberikan ucapan selamat dengan menjabat tangan Komandan Upacara Kapten Inf Yunasri. (Foto/yus)

Teluk Kuantan (katakabar) - Kodim 0302/Inhu jajaran memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-73. Acara yang digelar di Lapangan Limuno Kota Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Jum'at (5/10/2018).

Acara dimulai dengan penghormatan pasukan dan pemeriksaan pasukan serta pembacaan Sapta Marga. Setelah itu pembacaan amanat dari Inspektur Upacara Bupati Kuantan Singingi H Mursini MSi.
Dalam membacakan amanat Pangliima TNI, Inspektur Upacara menegaskan, bahwa acara ini dillaksanakan secara serempak dan sangat sederhana. TNI bersama komponen segenap bangsa Indonesia bahu membahu membantu korban bencana, baik itu personil dan alutsista.


"Pada kesempatan ini pula marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Demikian pula beban masih diderita saudara kita di Lombok. Semoga kekuatan menyertai mereka," kata Mursini.

TNI dengan kesederhaan dan profesionalismenya siap mengamankan bangsa dan negara dalam setiap gangguan. TNI dalam tugas pokok menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuha wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari  berbagai tantangan saat ini maupun dimasa depan yang semakin kompleks. Ketidakpastian akibat krisis ekonomi, politik da kepemimpinan global yang dikatalisasi oleh disrupsi tehknologi membawa perang tidak lagi terbatas/restricred war dalam suatu batas teritorial. 

Perang telah menjadi tidak terbatas/unrestricted war masuk ke beberapa dimensi, seperti perang ekonomi, perang dagang, perang hukum, perang siber dan perang ekonomi. 

"Bahkan akhir-akhir ini kita menyaksikan perang mata uang diberbagai negara. Era perang kinetik bergeser ke perang digital, non letal tapi tetap tetap menimbulkan dampak sangat merugikan bagi masyarakat bernegara," kata Mursini.

Dalam tugas-tugas selain perang, TNI juga bertugas dalam pengamanan Pemilu. TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksaan Pemilu tahun 2018. Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. 

Salah satu kuncinya adalah tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng dalam keutuhan NKRI.

Upacara HUT TNI ke-73 yang berlangsung cukup sederhana ini dihadiri Forkopimda Kuansing dan dihadiri seluruh pejabat utama Kodim 0302/Inhu, para Perwira dan staf. Selain itu juga tampak hadir Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat  dan Tokoh Pemuda Kabupaten Kuantan Singing.

Adapun jumlah personel upacara yang terdiri dari personel Kodim 0302/Inhu jajaran, Polres Kuansing, Dinas Perhubungan Pemkab Kuansing, ASN Kuansing, Satpol PP Kuansing, FKPPI Kuansing, Satuan Pengaman, Mahasiswa dan Pelajar se- Kabupaten Kuantan Singingi.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :