Rekor Dunia, Botol Wiski Ini Terjual Rp16,7 Miliar

Rekor Dunia, Botol Wiski Ini Terjual Rp16,7 Miliar

LONDON (katakabar) - Sebuah botol Wiski tercatat sebagai botol Wiski termahal di dunia setelah terjual dengan harga Rp16,7 miliar pada lelang di Edinburgh, Skotlandia.

Botol berusia 60 tahun dari The Macallan Valerio Adami, disuling pada tahun 1926 dan dibotolkan pada tahun 1986, ditetapkan sebagai rekor dunia baru untuk penjualan wiski di rumah lelang Bonhams. Botol tersebut dihargai Rp13,8 miliar ditambah premi penjualan sebesar Rp2,9 miliar.

 

"Botol wiski ini telah digambarkan oleh para ahli sebagai 'cawan suci wiski' karena kelangkaannya, karya seni vintage dan unik," kutip Xinhua dari BBC, Jumat (5/10/2018).

Rekor penjualan botol wiski termahal sebelumnya di pegang oleh The Macallan Valerio Adami 1926 yang dijual pada Mei di Bonhams Hong Kong dengan harga Rp16 miliar.

 

Penyuling wiski scotch, Macallan, menugaskan seniman pop Valerio Adami dan Peter Blake untuk mendesain label untuk edisi terbatas 24 botol, dengan masing-masing berkontribusi untuk 12 botol.

Wiski yang baru-baru ini dilelang adalah salah satu dari 12 botol yang dirancang oleh pelukis Adami yang berusia 83 tahun, yang terkenal karena gambarnya yang berani dan berwarna-warni yang dibatasi oleh garis-garis hitam.

Yang cukup menarik, menurut majalah gaya hidup mewah The Robb Report, botol buatan Blake tidak bisa dilelang karena kondisinya tidak cukup baik. Seniman pop art asal Inggris tersebut terkenal karena sampul album The Beatles, Sgt. Band Pepper's Lonely Hearts Club.

"Masih belum jelas berapa banyak botol Adami yang masih ada. Satu dikatakan telah hancur dalam gempa bumi di Jepang pada tahun 2011, dan diyakini setidaknya satu dari mereka telah dibuka dan dikonsumsi," tulis BBC.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :