Sebelum Proyek Dikerjakan, PUPR Provinsi Riau Mestinya Lakukan Ini

Sahdan
Sebelum Proyek Dikerjakan, PUPR  Provinsi Riau Mestinya Lakukan Ini

Duri (katakabar) - Proyek beton Jalur Lintas Pekanbaru - Duri persis di kawasan Sam Sam, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis menjadi perbincangan hangat di ranah publik sepekan belakangan. 

Uniknya perbincangan itu, bukan masalah tekhnik pengerjaan yang dikritisi warga terutama pengguna jalan tapi proyek beton di tuding menjadi pemicu dan biang kerok terjadinya antrean dan macet panjang kenderaan yang menimbulkan keresahan dan terganggu masyarakat khusus pengguna jalan yang melintas dan melewati Jalur Lintas Nasional tersebut.

Menurut seorang warga, Refri AMD kepada katakabar.com Sabtu (13/10) siang di Duri mengatakan, terjadinya antrean dan macet panjang kenderaan di lokasi proyek beton daerah Sam Sam, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis yang harus bertanggung jawab Dinas PUPR Provinsi Riau dinilai tidak melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Pihak Kepolisian.

"Dinas PUPR Provinsi Riau mestinya mensosialisasikan ke pengguna jalan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Terkait khusus Perhubungan dan Kepolisian sebelum proyek beton dilaksanakan pengerjaannya", tegasnya.

Kata Ketua RT ini, masalah antrean dan macet kini menjadi momok khusus bagi pengguna jalan di lokasi proyek beton boleh jadi Dua Bulan ke depan, bila tidak segera dicegah dan diantisipasi.

Itu sebabnya, pihak pengelola proyek mesti segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dinas Terkait biar tidak terjadi macet panjang di lokasi proyek.

Antre dan Macet Panjang di Jalur Lintas Pekanbaru - Duri berdampak dan berimbas kepada perekonomian. Apalagi akses ini merupakan Jalur Lintas nasional pintu masuk ke Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru. 

Anda bisa dibayangkan, kerugian secara ekonomi lantaran terjadi antrean dan macet panjang kenderaan di jalur lintas itu".

"Saya tak habis pikir kepada Dinas Terkait yang enggan belajar pada pengalaman masa lalu. Proyek beton di Jalur Lintas Pekanbaru - Duri bukan kali pertama dilaksanakan mestinya menjadi pembelajaran bagaimana arus lalu lintas berjalan lancar di lokasi proyek beton". 

Apresiasi layak diberikan pada pihak kepolisian terutama Polres Bengkalis dan jajarannya respon dan tanggap terhadap kejadian tersebut, walau itu bagian dari Tupoksi Polisi, tukasnya.

Seperti diberitakan katakabar.com kemarin, jajaran Polres Bengkalis yang dipimpin langsung Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Ricky M M dengan mengerahkan Dua Puluh orang personil melaksanakan giat pengaturan, penguraian, pengamanan serta penegakan hukum lalu lintas di kawasan rawan antre dan macet panjang kenderaan yang disebabkan proyek beton di Jalur Lintas Pekanbaru - Duri.

Alhamdulillah, arus lalu lintas di Jalur Lintas Pekanbaru - Duri persis di lokasi proyek beton kawasan Sam Sam, Kecamatan Pinggir perlahan mulai terurai setelah berjam jam lamanya antrean dan macet panjang kenderaan terjadi. 

Masyarakat terutama pengguna jalan berharap peristiwa serupa tidak terjadi lagi di lokasi proyek beton. Apalagi proses pengerjaan proyek beton masih berjalan dan baru herakhir Bulan Desember 2018 nanti.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :