Kue Ku Dara Kuning, Cemilan Lezat dari Rudy Choirudin

Kue Ku Dara Kuning, Cemilan Lezat dari Rudy Choirudin

Katakabar.com - Kue Ku Dara Kuning bisa menjadi cemilan untuk anak dan keluarga. Memang namanya terdengar asing, tetapi kalau sudah mencoba, bikin ketagihan. 

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

 


Bahan 1 (kulit):
200 g tepung ketan
50 g gula bubuk
½ sdt garam
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
125 ml santan, direbus dengan 1 lembar daun pandan
75 g kentang kukus, dihaluskan
75 g tepung sagu
2 tetes pewarna hijau

Bahan 2 (isian):
60 g kacang hijau kupas, rendam 15 menit, kukus selama 20 menit
½ sdt vanilli bubuk
30 g gula pasir
100 ml santan sedang kentalnya
½ sdt garam
1 lembar daun pandan, sobek dan ikat
1 sdm kentang kukus yang sudah dihaluskan

Cara membuat:
Isian: blender kacang hijau dengan vanili bubuk, gula, santan hangat dan garam. Tuangkan isi blender ke dalam wajan, lalu masukkan daun pandan dan kentang yang sudah dihaluskan. Masak dengan api kecil hingga pekat dan dapat dipulung. Bulatkan adonan isian sebesar kelereng, lakukan hingga habis, sisihkan

Kulit: campur semua bahan kering, kemudian masukkan santan dan kentang, campur semua bahan hingga tidak lengket di tangan dan dapat di pulung. Sisihkan.

Ambil 20 persen adonan kulit, beri pewarna makanan hijau, campur hingga rata. Sisihkan. Beri tepung sagu pada permukaan cetakan.

Ambil adonan kulit warna hijau, bulatkan dan digelintir memanjang. Letakkan secara melintang di dasar cetakan. Ambil adonan kulit warna kuning, bulatkan sebesar duku. Letakkan di dalam cetakan, kemudian tekan dengan ibu jari sehingga membentuk cekungan. Ambil bulatan adonan isian, letakkan ke dalam cekungan, kemudian tutup bagian bawah nya dengan adonan kulit dan rapikan

Pukulkan cetakan dengan keras ke meja hingga kue ku keluar, alasi bagian bawah kue dengan daun pisang. Letakkan semua kue ku di atas piring dan siram sesaat dengan air dingin mengalir, kemudian tata kue ku ke dalam kukusan. Kemudian tutup kukusan, tetapi jangan sampai tertutup rapat. Kukus selama 15 menit hingga kue ku matang. Siap disajikan.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :