Pakantan Terancam Terisolir, Jalan Poros Utama Ditutup Tanah Longsor

Sahdan
Pakantan Terancam Terisolir, Jalan Poros Utama Ditutup Tanah Longsor

Madina (katakabar) - Kecamatan Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumater Utara terancam terisolir. 

Pasalnya, jalan utama ke kampung orang tua almarhum Adnan Buyung Nasution tertimbun tanah longsor Kamis (8/11) pagi tadi.

"Tanah longsor yang menimbun dan menutupi badan Jalan utama ke Kecamatan Pakantan persisnya di kawasan Aek Uraba", kata seorang warga Syakban H seperti terlihat di video yang beredar di media sosial siang tadi.

Jalan yang tertimbun tanah longsor merupakan akses utama dan satu satunya ke dan untuk menjangkau wilayah Kecamatan Pakantan yang terletak di lereng Gunung Kulabu, hulunya sunga Batang Gadis.

"Jalan alternatif ke Kecamatan Pakantan, kalau pun ada mesti dari Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman Timur. Itu rentang kendalinya cukup jauh dan masih jalam tanah. Jalan yang tertimbun longsor ya jalan satu satunya ke Kecamatan Pakantan", cerita warga desa dalam video yang beredar tersebut.

Masyarakat Pakantan khususnya pelajar yang mau keluar dan masuk dari dan ke Penyabungan, Ibu Kota Kabupaten Madina terpaksa berjalan kaki di lokasi jalan yang tertimbun longsor.

Sekedera diketahui, Jalan utama ke Kecamatan Pakantan terbentang sepanjang 12 meter dari bibir Jalan Lintas Barat Sumatera persisnya di wilayah Kecamatan Muarasipongi.

Lebar Jalan utama dan poros ke Pakantan tersebut kurang lebih 5 - 6 meter. Kondisinya cukup rawan terutama bagi pengguna jalan di musim penghujan seperti sekarang ini.

Anda Bayangkan, ruas jalan terbilang sempit meski sudah di aspal tapi mengalami rusak berat di beberapa titik tertentu.

Tidak hanya itu,  melewati Jalan poros utama ke Kecamatan Pakantan ngeri. Itu tadi ruas jalan sempit, sebelah kiri gunung bebatuan campur tanah dan sebelah kanan jurang dalam. 

Bagi anda yang mengenderai roda empat tidak hati - hati rawan terjadi kecelakaan. 

Masyarakat Kecamatan Pakantan berharap kepada Pemkab Madina dan Pemprov Sumut segera memperbaiki Jalan poros ke Kecamatan Pakantan biar perekonomian masyarakat Pakantan meningkat dengan semestinya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :