Ujian Nasional SMA Sederajat April 2019

Kabupaten Bengkalis, 41 SMA UNBK Hanya 6 SMA UNKP

Sahdan
Kabupaten Bengkalis, 41 SMA UNBK Hanya 6 SMA UNKP

Bengkalis (katakabar) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil jenjang pendidikan SMA sederajat terhitung dari sekarang kurang lebih Dua Bulan lagi. 

Pada Pekan Pertama Bulan April 2019 tepatnya, dari tanggal 1 sampai dengan 4 April 2019 UNBK dan UNKP SMA serentak dilaksanakan di wilayah Nusantara.

Kabupaten Bengkalis bernama Negeri Junjungan khususnya, memiliki sebanyak 47 sekolah tingkat SMA sederajat baik negeri mau pun swasta.

Dari sebanyak 47 SMA di daerah Kabupaten Bengkalis sudah hampir seluruhnya sudah melaksanakan UNBK jumlah sebanyak 41 sekolah. 

Sementara, sebanyak 6 SMA lagi masih melaksanakan UNKP,  kata Ketua MKKS Kabupaten Bengkali, Sugito kepada katakabar.com di SMAN 3 Mandau Selasa (29/1) siang tadi.

Kata Kepala SMAN 3 Mandau, pelaksanaan UNBK dan UNPK Tahun ini tidak ada perubahan. Jadwal pelaksanaan ujian Pekan Pertama Bulan April dari tanggal 1 sampai 4 mendatang.

"Pelaksanaan UNBK dan UNKP harapannya sebelum perhelatan politik, Pemilu dan Pilpres 17 April 2019 sudah beres".

Nah, UNBK tingkat SMA sederajat se Kabupaten Bengkalis terutama di Duri punya 4 Kecamatan sangat optimis terlaksana dengan baik sesuai keinginan bersama.

Terkait kendala pelaksanaan UNBK setakat ini tidak ada masalah, kalau pun ada masih sebatas wajar. Buktinya, persiapan masing masing SMA baik negeri mau pun swasta dalam melaksanakan UNBK lancar seperti, simulasi atau pelatihan kepada peserta ujian terlaksana dengan baik.

"Try out bersama sistim online bekerjama dengan sebuah lembaga yang kredibel dan kompeten dari Jogjakarta, bagian dari persiapan menghadapi sudah dilakukan dan berjalan lancar dan aman meski menumpang ke sekolah terdekat yang memiliki perangkat komputer yang lengkap".

Dari hasil try out bersama, masing masing sekolah bisa melakukan evaluasi dan perbaikan pengayaan materi materi yang kurang. Selain itu, dari try out bisa di lihat ketuntasan materi pembelajaran dan kalau masih ada kekurangan pengayaan pembelajaran bakal di evaluasi.

Menurut Sugito, SMA yang belum melaksanakan UNBK dan masih melaksanakan UNKP letaknya di pelosok pedesaan. Sekolah tersebut  belum punya peralatan yang memadai dan masih serba keterbatasan seperti, perangkat komputer belum lengkap.

Andai SMA yang masih melaksanakan UNKP mau menumpang atau bergabung melaksanakan UNBK rentang kendali sekolah cukup jauh tidak memungkinkan untuk melaksanakannya.

Harapannya, pelaksanaan UNBK berjalan lancar Tahun 2019 dengan hasil yang optimal dan meningkat dengan Tahun sebelumnya.

Dari hasil yang optimal, siswa meningkat lewat jalur SNPTN tentu dengan persentasinya naik. Kalau siswa diterima harapannya di perguruan tinggi yang bagus.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :