PPDB 2019 di Duri, Situasinya di Prediksi Persis di 2018

Sahdan
PPDB 2019 di Duri, Situasinya di Prediksi Persis di 2018

Duri (katakabar) - Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA di Duri, Kabupaten Bengkalis direncanakan pada Juli 2019 mendatang masih terhitung kurang lebih Enam Bulan lagi.

Walau masih setengah Tahun lagi, PPDB jenjang pendidikan SMA mesti di cari solusi yang pas biar penerimaan peserta didik berjalan lancar, tertib dan aman di Duri, Kecamatan Mandau 2019.

Itu sebabnya, Dinas Terkait beserta instrumen pendidikan harus merencanakan dengan matang jauh hari, bagaimana mensiasati sistim PPDB jenjang pendidikan SMA.

Jika tidak, pelaksanaan PPDB bakal terulang situasi dan kondisinya persis seperti Tahun sebelumnya di Duri, Kecamatan Mandau. 

Sebagai cerminan, penumpukan calon peserta didik baru bakal terjadi dan tidak terlelakkan di sejumlah SMAN yang berada di kawasan perkotaan Duri, Kecamatan Mandau. Bahkan, protes dari calon orang tua wali murid agar anaknya bersekolah sesuai kemauannya bakal tidak terhindarkan.

Kepala SMAN 8 Mandau, Dimon Safta kepada katakabar.com di penghujung Januari 2019 lalu mengatakan, persoalan PPDB rencananya dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang bisa jadi situasi dan kondisi di SMAN 8 Mandau persis sama dengan Tahun sebelumnya.

Alasnya, sekolah berada di kawasan perkotaan tepatnya di Jalan Sejahtera, Kelurahan Air Jamban menjadi incaran para calon siswa baru dan calon orang tua wali murid. 

"Letak sekolah di kawasan pemukiman padat dan mudah di jangkau sejumlah alasan para orang tua wali murid ingin anaknya ngotot sekolah di SMAN 8 Mandau".

Kata Dimon Safta, SMPN 10 Kecamatan Mandau di Jalan Sejahtera bakal menamatkan siswa kelas 9 sebanyak Tiga Ratus orang. Andai, seluruh siswa yang tamat dari SMPN 10 melanjutkan sekolah ke SMAN 8 sudah hampir penuh. 

Lantas, gimana dengan siswa yang tamat Tahun 2019 yang berasal dari SMP lainnya kebetulan berada di kawasan zona sekolah. Mereka tak mungkin tidak diterima bersekokah di SMAN 8 Mandau.

Pihak sekolah tidak hanya menghadapi masalah membludaknya calon peserta didik baru. 

Persoalan ruangan seperti, lokal belajar untuk menampunh calon siswa baru masih kurang. Begitu pula, sarana prasarana lainnya pendukung dan penunjang kegiatan belajar mengajar masih minim.

Hal ini yang menjadi di lema bagi sekolah menghadapi PPDB yang direncakan dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang.

Ketua MKKS tingkat SMA Kabupaten Bengkalis, Sugito kepada katakabar.com di suatu perbincangan menimpali, masalah PPDB bakal kita bicarakan sesudah pelaksanaan UNBK dan UNKP Pekan pertama April 2019.

"Kepala SMA bakal duduk bersama membahas persoalan PPDB yang rencananya dilaksanakan Juli 2019 mendatang".

Kata Kepala SMAN 3 Mandau, banyak kendala PPDB Tahun ini. Jika PPDB masih sistim zonasi banyak yang harus dibereskan agar berjalan lancar, tertib dan aman.

Kendala PPDB paling di lema lokal belajar yanh belum memadai untuk menampung calon peserta didik baru.

Untuk itu, tahap pertama yang bakal dilakukan mendata jumlah siswa tamatan SMP Tahun ini. Setelah itu, total siswa yang bakal tamat dibicarakan dalam rapat bersama dengan Kepala SMA se Mandau.

Harapannya, PPDB 2019 harus lebik baik di bandinh 2018 lalu. Targetnya, bagaimana menekan persoalan PPDB biar berjalan lancar tidak ada masalah baik di SMA Negeri dan SMA Swasta, tandasnya

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :