Babinsa 01/Rengat Dampingi Petani Cabut Benih Padi

Yuswanto
Babinsa 01/Rengat Dampingi Petani Cabut Benih Padi

Rengat (katakabar) - Babinsa Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku Sertu Suroso bersama petani melaksanakan pencabutan benih padi di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Jum'at 8 Februari 2019. Yang mana, hal itu sebagai bentuk pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan TNI kepada Kelompok Tani (KT) Pasilitas dengan melakukan pembajakan lahan sawah dan juga mencabut benih padi dilahan penyemaian.

Danramil 01/Rengat Dim 0302/Inhu Kapten Inf Legimin melalui Babinsa Desa Tanjung Sari Sertu Suroso, Jum'at 8 Februari 2019 mengatakan, usai mencabut benih selanjutnya akan dilakukan penanaman dilahan seluas satu hektar.

"Saya sebagai Babinsa di Desa Tanjung Sari ini akan terus membantu petani di desa binaan saya ini. Hal itu saya lakukan sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan Swasembada pangan," jelas Suroso.

Seperti saat ini, sambung Suroso, pihaknya ikut turun ke sawah membantu para petani untuk mengumpulkan bibit (benih) padi untuk siap ditanami. Dalam kesempatan itu pula, Suroso menghimbau kepada para petani agar mengupayakan persiapan tanam, sehingga dapat menambah produktivitas panen. 

"Dengan mengerahkan Alat Mesin Pertanian Alsintan yang ada, sehingga target produksi padi mampu tercapai," katanya.
Dalam dari pada itu, Munir, Ketua Kelompok Tani KT Pasilitas menambahkan, bahwa penanaman bibit padi sudah dilakukan lebih dari dua kali namun gagal. Hal itu disebabkan faktor alam, yakni bencana banjir yang melanda Desa Tanjung Sari belum lama ini.

"Kegagalan itu karena faktor alam. Yang mana, air Sungai Indragiri meluap hingga menggenangi areal persawahan. Serta tingginya curah hujan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini. Penanaman bibit padi biasanya dilakukan pada bulan Oktober," jelas Munir.

Sementara itu, salah seorang petani menuturkan, mereka sangat berterima kasih kepada Babinsa Desa Tanjung Sari, Sertu Suroso yang telah turut serta dalam membantu melaksanakan pencabutan bibit padi. 

Menurutnya, hal itu sebagai wujud nyata yang dilakukan Babinsa dalam melaksanakan tugasnya dalam mewujudkan kedekatan TNI dengan masyarakat serta dalam pencapaian target menuju swasembada pangan.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :