Apel Tiga Pilar di RTH Rengat Berjalan Sukses

Yuswanto
Apel Tiga Pilar di RTH Rengat Berjalan Sukses

Rengat (katakabar) - Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan soliditas guna mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Indragiri Hulu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Riau menggelar Apel Tiga Pilar. 

Acara yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau Rengat, Rabu 13 Februari 2019 dihadiri Kapolda Riau Irjend Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/WB Brigjend M Fadjar, Kabinda Riau Marsma TNI Rahkman Haryadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau Edward Sanger, Bupati Inhu Yopi Arianto, Bupati Pelalawan M Harris, Bupati Kuansing Mursini, Bupati Inhil HM Wardan, Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Aidil Amin, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Adrian Siregar, Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting, Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dan Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira.

Kapolda Riau Irjend Pol Widodo Eko Prihastopo dalam sambutannya mengatakan, bahwa Apel Tiga Pilar yang dilaksanakan ini sebagai persiapan perhelatan Pileg dan Pilpres April 2019 mendatang. Untuk itu Kapolda meminta kepada seluruh komponen di Provinsi Riau harus betul-betul mempersiapkan diri.

"Kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Pemilu Damai, Aman dan Sejuk. Kebersamaan kita ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Kapolda.

Kapolda menekankan kepada unsur tiga pilar, yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa agar tetap bekerja dengan maksimal. Yang mana, dengan adanya ancaman yang semakin berat ditengah-tengah masyarakat.

"Saya selaku Kapolda Riau menghimbau kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar terus berkoordinasi dengan dengan Babinsa dan perangkat desa. Saya percaya dengan komponen tiga pilar dapat berjalan dengan baik. Junjung tinggi harkat dan martabat bangsa," sebutnya.

Sementara itu, Danrem 031/WB Brigjend TNI M Fadjar menegaskan, pihaknya merasa optimis kalau Pileg dan Pilpres akan berjalan Aman, Damai dan Sejuk.

"Bersama anda semua, di Apel Tiga Pilar ini, bahwa proses Pileg dan Pilpres akan berjalan sukses. Semua pihak harus bertanggung jawab dalam pelaksnaan Pilpres 2019 nanti. Jangan ada ego sektoral," tegas Danrem.

Dalam kesempatan itu pula Danrem menegaskan agar semua pihak tetap waspada dengan masuknya penjajahan gaya baru. Penjajahan gaya baru itu berupa media sosial dengan penggunaan telepon genggam.

"Waspada dengan berita hoax dan ujaran kebencian. Jaga keamanan dan menjaga semua hal yang  dapat mengganggu kedaulatan bangsa, sesuai dengan bidangnya masing-masing," kata Danrem.
Dalam kesempatan itu, Danrem berpesan untuk terus bersama-sama menjaga lahan dan hutan dari bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan.

"Saya titipkan kepada semua pihak yang hadir disini agar dapat menjaga lahannya masing-masing. Sehingga terhindar dari bahaya kebakaran. Jaga amanat masyarakat buat kita semua," pesan Danrem.

Dalam dari pada itu, perwakilan Pemprov Riau dalam hal ini Kepala BPBD Riau Edward Sanger mengatakan, bahwa Apel Tiga Pilar yang dilaksanakan hari ini merupakan hal positif dan sangat bagus sekali. Edward berpesan agar menjaga Riau dari asap.
"Mari kita jaga alam. Alam menjaga kita. Kami berharap tahun ini tidak ada lagi terjadi Karlahut. Sehingga Pileg dan Pilpres dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga Allah SWT melindungi kita semua," pungkasnya.

Usai Forkopimda Riau memberikan pengarahan, selanjutnya pembacaan deklarasi Pemilu damai 2019 secara serempak oleh Bupati Inhu, Bupati Inhil, Bupati Kuansing dan Bupati Pelalawan. Kemudian pembubuhan tanda tangan oleh seluruh Forkopimda Riau dan Forkopimda Kabupaten yang tempatnya sudah disediakan masing-masing. 

Acara pembubuhan tanda tangan itu juga diikuti oleh para Danramil, Camat, Kades/Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Ormas.

Sebagamana untuk diketahui, Forkopimda Riau tiba di Rengat Inhu sekitar pukul 09.30 WIB. Rombongan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Syarif Khasim Pekanbaru menggunakan helikopter dan mendarat di Bandara Japura Rengat. Sekira pukul 14.00 WIB rombongan Forkopimda Riau kembali bertolak ke Pekanbaru.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :