Masyarakat Jembatan 1 Jurong Heboh

Ikan Kecil Dan Besar Tiba Tiba Mati di Sungai Pudu

Sahdan
Ikan Kecil Dan Besar Tiba Tiba Mati di Sungai Pudu

Bathin Solapan (katakabar) - Masyarakat yang berada di kawasan Jembatan 1 Jurong yang berada di wilayah Desa Petani dan Desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau terkejut dan heboh.

Pasalnya, ikan kecil dan besar di Sungai Pudu tiba tiba mati timbul ke permukaan. Peristiwa ikan mati di Sungai Pudu sudah Tiga hari belakangan, sejak Kamis (14/2) dan Sabtu (16/2).

Menurut Kepala Dusun Lubuk Linong, Desa Petani, Karshandi kepada katakabar.com Sabtu (16/2) siang, peristiwa matinya ikan kecil dan besar di Sungai Pudu membuat terkejut dan heboh masyarakat Jembatan 1 Jurong khusus warga tempatan dan warga yang melintas.

"Melihat ikan mati timbul ke permukaan sungai, warga turun ke sungai mengecek dan langsung mengambil ikan yang berukuran besar", ujar Karshandi.

Kata Kadus Lubuk Linong, hari pertama peristiwa terjadi ikan mati di Sungai Pudu kawasan Jembatan 1 Jurong jumlahnya tidak banyak, hanya satu satu hanyut terbawa arus sungai.

Hari ke Dua, ikan yang mati di Sungai bertambah banyak. Warga yang mengambil ikan yang mati berukuran besar pun banyak terutama warga tempatan.

Pada hari ke Tiga puncaknya, ikan yang mati makin bertambah timbul di permukaan sungai membuat warga ramai ramai turun ke sungai mengambil ikan yang mati, katanya.

Diceritakannya, matinya ikan di Sungai Pudu masih menjadi tanda tanya bagi masyarakat sebab, kejadian ikan mati terjadi begitu tiba tiba, tapi warna air tidak seperti biasa kecoklatan.

Warna air pasca ikan mati berubah keruh dan mengeluarkan bau busuk. Kuat dugaan Sungai Pudu tercemar yang sebabkan ikan ikan kecil dan besar mati.

Ikan dalam lukah dan bubu milik nelayan mengapung seperti, Baung, Silais, Tundik dan Paweh sertan ikan lainnya mati.

"Ikan yang mati membuat warga terutama profesi nelayan merugi".

Untuk itu, kepada Dinas Terkait segera turun ke lapangan untuk mengecek langsung apa penyebabnya ikan mati di Sungai Pudu.

Kondisi Sungai dan ikan mati sangat merugikan masyarakat. Jika dibiarkan berlarut larut tidak ada respon dari Dinas Terkait warga yang menggantungkan kehidupan di Sungai Pudu bakal menderita.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :