TMMD ke-104 Tahun 2019

Distanak Kuansing Berikan Penyuluhan Pertanian

Yuswanto
Distanak Kuansing Berikan Penyuluhan Pertanian

Telukkuantan (katakabar) - Kegiatan non fisik TMMD ke-104 tahun 2019 pada hari ini, Kamis 21 Maret 2019 dilaksanakan kegiatan penyuluhan tentang pertanian dan ketahanan pangan. Acara yang digelar di Aula SMPN 2 Gunung Toar ini dihadiri warga se-Kecamatan Gunung Toar dan Siswa/i SMPN 2 Gunung Toar yang berjumlah 90 orang.

Sebagai narasumber Kasi Produksi Tanaman Pangan Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Yunafrizal.

Menurut Yunafrizal, untuk memenuhi kebutuhan beras pertahun harus melihat kondisi tanaman serta ketersediaan (stok). Selain itu, ada jenis-jenis komoditi tanaman pangan, seperti Sereala yang terdiri dari tiga jenis yakni pagi gogo, sorgam dan gandum. Serta palawija, yakni jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar.
"Ada berbagai persoalan pada tanaman, antara lain alih fungsi lahan, iklim, menurunnya kesuburan tanah, pertambahan jumlah penduduk dan keterbatasan SDM," sebutnya.

Sedangkan sebagai faktor pendukung, yakni tekhnologi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu juga, kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian, antara lain ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi dan rehabilitasi.

"Ada 8 langkah-langkah dalam pelaksanaan budidaya tanaman pangan, yaitu persediaan lahan, persemaian, pembersihan lahan, persemaian, pengelolaan lahan, penanaman, pemeliharaan dan penyuluhan," jelasnya mengakhiri.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :