Duri Krisis Air Bersih

Demi Air Bersih, Masyarakat Terpaksa Beli Walau Harga Selangit

Sahdan
Demi Air Bersih, Masyarakat Terpaksa Beli Walau Harga Selangit

Duri (katakabar) - Musim kemarau yang berkepanjangan melanda daerah Duri meliputi Empat Kecamatan, Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau masuk ke dalam Kabupaten Bengkalis mulai berdampak dan berimbas kepada masyarakat.


Sebagian kawasan pemukiman dan hunian masyarakat di daerah Empat Kecamatan mengalami kekeringan. Tak pelak, masyarakat krisis air bersih lantaran sumur sumur sebagai sumber air kehidupan kering.


Untuk mendapat air bersih merupakan kebutuhan mendasar dalam kehidupan, masyarakat mesti membeli air walau harganya selangit.


Rupanya, minimnya ketersediaan air bersih di sebagian wilayah Duri mendapat perhatian dari Tim Mediator Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas P2TP2A) Kecamatan Mandau.


Kawasan terparah minimnya ketersedian air bersih bagi masyarakat di Sebanga. Masyarakat di sana, terpaksa membeli air dengan harga cukup tinggi berkisar Lima Puluh Ribu per Seribu liter.


Kebutuhan air bersih adalah kebutuhan dasar setiap keluarga dan atau merupakan kebutuhan pokok bagi manusia sangat diperlukan hampir pada semua jenis makanan. Air dalam tubuh untuk melakukan tugas tugas penting. 


Air bekerja sebagan pelarut dan transportasi, membantu dalam ekskresi produk metabolik beracun dan garam melalui ginjal dan mengatur suhu tubuh. 


Penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat, kata anggota Tim Mediator Perlindungan Perempuan dan anak (Satgas P2TP2A) Kecamatan Mandau, Peni Wulandari kepada katakabar.com di Duri siang tadi.


Kata Peni, di daerah Sebanga saat ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih, setiap rumah tangga harus mengeluarkan dana tambahan untuk pembelian air. 


Melihat kondisi ekonomi masyarakat, hal itu menjadi masalah baru. Apalagi 
sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. 


Kami sangat mengharapkan solusi segera dari pihak pihak terkait.


Krisis air bersih yang melanda sebagian daerah Duri terkait dengan Kabupaten Bengkalis yang bersiap menuju Kota/ Kabupaten Layak Anak (KLA) harus mulai serius dalam pemenuhan kebutuhan hak anak.


Berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB thn 1989, ada 10 Hak Anak,  diantaranya hak mendapatkan makanan. Anak berhak mendapatkan makanan yg sehat dan bergizi guna mendukung perkembangan otak dan tumbuh kembang nya. Untuk menciptakan generasi emas berikutnya, tandasnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :