Tahun Pelajaran 2018 - 2019

Serentak, Ribuan Siswa Pendidikan Dasar USBN, UNBK dan UNPK

Sahdan
Serentak, Ribuan Siswa Pendidikan Dasar USBN, UNBK dan UNPK

Duri (katakabar) - Ribuan pelajar kelas Enam dan kelas Tiga pendidikan dasar beda kasta, SD dan SMP Tahun Pembelajaran 2018 - 2019, serentak mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Pensil dan Kertas serta Ujian Nasional Berbasis Komputer mulai Senin (22/4), hari ini hingga Rabu (24/4) nanti.

"Peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar di Kecamatan Mandau totalnya sebanyak 3261 orang siswa dan 2338 orang siswa di Kecamatan Bathin Solapan", kata Koordinator Kecamatan Mandau Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Drs Nasrizal kepada katakabar.com dikantornya tadi siang.

Peserta yang mengikuti ujian nasional tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) rinciannya, 1683 orang siswa melaksanakan UNBK di Kecamatan Mandau dan 698 orang siswa di Kecamatan Bathin Solapan.

Sementara, peserta yang melaksanakan UNPK 1683 orang siswa di Kecamatan Mandau dan 1052 orang siswa di Kecamatan Bathin Solapan.

"Hari pertama pelaksanaan USBN dan UNBK serta UNKP relatif berjalan lancar, tertib dan aman setakat ini. Peserta dan pengawas sistim silang belum ada masalah".

Hal itu ujar mantan Kepala SMAN 1 Kecamatan Pinggir, dari hasil monitoring bersama Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis ke Empat sekolah tadi pagi seperti, SMPN 1 dan SMPN 2 Kecamatan Mandau yang melakasanakan UNBK serta ke SMPN 10 dan SMPN 4 Kecamatan Bathin Solapan yang melaksanakan UNPK.

Terkait pelaksanaan UNBK, jaringan internet tidak ada masalah berjalan normal semestinya sehingga hari pertama ujian berjalan dengan baik.

"Pelaksanaan ujian ke depan ini dapat berjalan lancar  baik di tingkat SD mau pun SMP", imbuhnya.

Kegiatan USBN hari pertama di Kecamatab Mandau lancar, tertib dan aman, tidak ada hambatan yang berarti. Kecuali, ada Dua orang siswa tidak mengikuti ujian lantaran sakit.

Pendistribusian naskah soal tidak ada masalah. Begitu dengan sistim pengawasan silang dimana, Satu rombel diawasi Dua orang pengawas berjalan semestinya. Contohnya, di SDN 19 di Jalan Mawar Duri, terdapat Tiga rombongan belajar diawasi Enam orang guru pengawas.

Begitu pula di SDN 22 Kecamatan Bathin Solapan sebanyak 5 rombel diawasi sebanyak Sepuluh orang guru pengawas silang, cerita Ketua K3S Tingkat SD Kecamatan Mandau, Al Zikri di Kantor Korcam Pendidikan Mandau Jalan Tuanku Tambusai Duri.
  
Menurut Kepala SDN 19 Mandau, pengawas agar dapat mempedomani tata tertib seperti, jadwal ujian, tidak berisik serta lainnya demi terlaksana ujian dengan baik.

Kepada peserta ujian, andai ada soal yang tak mengerti di tanya kepada pengawas.

Nah, terkait peserta yang sakit bisa mengikuti ujuan susulan yang dilaksanakan pada 29 hingga 30 April 2019, pekan depan.


Kegiatan USBN Tahun 2018 - 2019 sukses dan anak menjawab pertanyaan dengan nilai yang tinggi biar dapat meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Apalagi Tahun ini, target Kecamatan Mandau menjadi rangking Satu se Kabupaten Bengkalis, sebutnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :